Jakarta (ANTARA News) - Pebulu tangkis peringkat lima dunia Taufik Hidayat langsung tersisih dari Prancis Terbuka Super Series saat ia ditundukkan pemain China Wang Zhengming pada putaran pertama.

Unggulan kelima itu kalah dua game langsung 17-21, 16-21 oleh pebulu tangkis China tersebut pada putaran pertama turnamen berhadiah 200 ribu dolar AS tersebut, Rabu waktu setempat.

Untuk kedua kalinya berturut-turut juara Olimpiade Athena 2004 itu kalah pada babak awal setelah pekan lalu ia disingkirkan pemain muda Denmark Viktor Axelsen pada babak kedua Denmark Terbuka Super Series Premier.

Kemenangan Wang tersebut juga merupakan pembalasan atas kekalahannya pada Indonesia Terbuka GP Gold di Samarinda bulan lalu.

Saat ini, catatan pertemuan (head to head) kedua pemain menjadi 2-2 setelah Taufik menang di Prancis Terbuka 2010 dan Indonesia Terbuka GP Gold 2011 sedang Wang unggul di Singapura Terbuka dan Prancis Terbuka 2011.

Kekalahan Taufik membuat Indonesia tidak punya wakil pada tunggal putra setelah pemain lainnya, Tommy Sugiarto juga disingkirkan pada putaran pertama oleh pemain Vietnam Nguyen Tien Minh.

Meski demikian, pada ganda putra Indonesia mempunyai tiga wakil di babak 16 besar setelah juara Olimpiade Beijing 2008 Markis Kido-Hendra Setiawan menyusul sukses yang diraih Bona Septano-Mohammad Ahsan dan Angga Pratama-Ryan Agung Saputra.

Kido-Hendra yang menjadi unggulan ketujuh menang atas pasangan Polandia Adam Cwalina-Michal Logosz 21-10, 19-21, 21-13 untuk selanjutnya bertemu pasangan Inggris Chris Adcock-Andrew Ellis.

Sedangkan Angga-Ryan akan memperebutkan tempat pada perempat final dengan pasangan Jepang Hiroyuki Endo-Kenichi Hayakawa yang dalam dua pertemuan sebelumnya, di China Masters dan Macau Terbuka, selalu mengalahkan mereka.

Pada ganda campuran, Indonesia menyisakan dua pasangan setelah duet Nova Widianto-Vita Marissa menyusul keberhasilan yang diraih pasangan Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir ke putaran kedua dengan mengalahkan pasangan Denmark Thomas Laybourn-Kamilla Rytter Juhl 21-16, 13-21, 21-15.

Selanjutnya Nova-Vita akan melawan pasangan Korea Kim Ki Jung-Jung Kyung Eun sementara Tontowi-Liliyana menghadapi ganda campuran Jepang Shintaro Ikeda-Reiko Shiota.

Pada ganda putri, pasangan Anneke Feinya Agustin-Nitya Krishinda juga maju ke babak 16 besar setelah menundukkan pasangan Denmark Line Damkjaer Kruse-Marie Roepke 21-16, 21-13 untuk bertemu pasangan Malaysia Vivian Kah Mun Hoo-Woon Khe Wei yang menyisihkan pasangan Indonesia unggulan delapan Greysia Polii-Meiliana jauhari dengan kemenangan 18-21, 21-16, 21-15. (F005/I007)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011