Jakarta (ANTARA News) - Festival film Eropa atau yang dikenal dengan Europe on Screen (EoS) 2011 untuk yang kelima kalinya kembali diselenggarakan, dan diadakan di tujuh kota besar di Indonesia. Dinamika Eropa dan generasi mudanya, dihadirkan ke Tanah Air melalui film-film yang diputar.

EoS merupakan festival yang menjadi jendela untuk menyaksikan budaya Eropa lewat beragam film dan sarana bagi penonton untuk mengembangkan apresiasi terhadap film-film di luar arus besar.

Pada tahun yang kelima kali ini Eos mengangkat tema Old and Young Europe, yang menyoroti dinamika benua Eropa yang sarat sejarah dan tradisi namun tidak luput dari pembaruan berbagai bidang.

Disajikan melalui 24 film panjang dan satu film pendek dari 21 negara-negara Eropa yang diproduksi dalam rentang waktu lebih dari dua dekade. Keseluruhannya terbagi dalam beberapa seksi film, Against the Odds, Crime and Misdemeanour, Family Affairs, Songs of Survival, Sprinkles of Laughter.

Tahun ini EoS juga mempersembahkan sembilan film pendek Indonesia terbaik melalui kompetisi film pendek EoS.

Untuk pertama kalinya, tahun ini penyelenggara festival mengadakan kompetisi film pendek bekerja sama dengan dewan kesenian Jakarta, boemboe.org, dan Minikino. Para pembuat film dari 19 kota di Indonesia telah mengikutsertakan 69 film pendek ke dalam kompetisi ini.

"Tahun ini kami memiliki 69 judul, dan kami juga ingin menunjukan kreativitas untuk Indonesia dan tahun ini kami mengadakan kompetisi film pendek," kata Julian Wilson, Head of Mission of European Union Comission dalam jumpa persnya di Jakarta.

Wilson mengatakan, Indonesia memiliki dinamisme yang luar biasa dan itu yang membuat dirinya enggan meninggalkan Indonesia. Dan pihaknya ingin festival film ini semakin dikenal di Indonesia karena ini media untuk memperkenalkan budaya dari Eropa.

Suguhan lain yang menarik di Eos tahun ini adalah pertunjukan musik Reminishing Beatles Night by The Banery yang disponsori British council, dan pemutaran film Nowhere Boy yang berkisah tentang perjalanan awal karir seorang legenda musik John Lennon.

Festival film Eropa ini terselenggara berkat dukungan di antaranya dari Kedutaan Besar Austria, Portugal, Belgia, Republik Bulgaria, Jerman, Spanyol, Perancis, Italia, Kerajaan Luxemburg, Republik Hungaria, Belanda, Polandia, Finlandia, Inggris, dan Swedia.

EoS 2011 akan berlangsung di tujuh kota di Indonesia seperti Yogyakarta (28 -29 Oktober), Bandung (1-2 November), Jakarta (4-11 November), Depansar (12-13 November), Banda Aceh (14-18 November), Surabaya (19-20 November) dan Semarang (23-24 November) info lebih lanjut anda bisa mengunjungi laman www.europeonscreen.org. yudha

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011