Brdo, Slovenia (ANTARA News) - Asosiasi sepak bola Slovenia, Senin, menunjuk Slavisa Stojanovic sebagai pelatih baru tim nasional, menggantikan Matjaz Kek, yang pergi setelah gagal lolos ke Euro 2012.

Stojanovic (41), yang tiba-tiba menonjol bersama klub Slovenia Domzale, memimpin mereka meraih dua gelar, dan yang terbaru bekerja sebagai asisten pelatih di Uni Emirat Arab di bawah rekan senegaranya dan mantan pelatih tim nasional Srecko Katanec.

Stojanovic akan memimpin Slovenia pada kualifikasi Piala Dunia 2014, tempat mereka berada dalam Grup E bersama Islandia, Siprus, Albania, Swiss dan Norweggia, dan dalam turnamen tersebut jika mereka berhasil lolos.

Pertandingan pertama ia bertugas adalah laga persahabatan melawan Amerika Serikat di ibu kota Ljubljana pada 15 November.

Sebelumnya pada hari yang sama, federasi nasional (NZS) mengatakan, mereka putus hubungan kerja dengan Kek, pelatih sejak Januari 2007, dan mengucapkan terima kasih padanya atas "kualitas kerjanya dan sukses besar bersama tim nasional."

Sejak merdeka pada 1992, Slovenia telah mencapai putaran final Kejuaraan Eropa 2000, dan Piala Dunia 2002 dan 2010, namun tersingkir dalam ketiga kompetisi tersebut pada babak grup, demikian AFP.

(SYS/F005/A016)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011