Cikarang, Bekasi (ANTARA News) - Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, masih menunggu perangkat keras pendukung program KTP elektronik (e-KTP) yang ditargetkan akan dimulai pada Maret 2012.

Kasi Evaluasi dan Penyimpanan Data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi Hanief Zulkifli di Cikarang, Rabu, mengatakan, sampai saat ini belum ada satupun peralatan e-KTP yang diterima oleh pemerintah daerah setempat.

"Harusnya pada 2011 ini sudah ada alat yang diterima, sehingga bisa melakukan simulasi persiapan program e-KTP," kata dia.

Menurutnya, pengadaan peralatan e-KTP sudah ditenderkan oleh Kementrian Dalam Negeri. Seperti misalnya, berupa server, perangkat komputer dan printer, alat sidik jari, alat tanda tangan, kamera dan pembaca kornea mata.

"Seluruh peralatan tersebut nantinya akan disalurkan ke 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi," kata dia.

Hanief, menambahkan untuk suksesi program program e-KTP di wilayah setempat, maka pihaknya akan membuat program pelatihan terhadap petugas input e-KTP di seluruh kecamatan.

"Kami berharap, sebelum pelaksanaan pada bulan Maret tahun 2012, seluruh perangkat dan tenaga operasionalnya sudah siap," kata dia.

Dikatakan Hanief, ada sekitar 1,7 juta penduduk Kabupaten Bekasi yang nantinya mendapat e-KTP. Sejauh ini, tambahnya, Disdukcapil sudah melakukan pendataan ulang terhadap pemegang KTP ganda dan penertiban administrasi kependudukan,untuk menunjang kelancaran program nasional tersebut.

"Dengan persiapan yang matang, kita berharap semua bisa berjalan dengan lancar," demikian Hanief.  (ANT-294/M027)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011