Jakarta (ANTARA News) - PT Jamsostek mengadakan lomba karya jurnalistik (Jamsostek Journalistic Award) yang terbuka untuk umum dan mahasiswa dengan total hadiah Rp111 juta.

Kepala Biro Humas PT Jamsostek Sarjan Lubis mengatakan, lomba karya tulis tahun ini untuk merangsang dan menggali pemahaman masyarakat dan mahasiswa tentang program jaminan sosial tenaga kerja.

Program itu sendiri sudah dilaksanakan sejak 1978, tetapi masih memerlukan upaya-upaya sosialisi program normatif (wajib) bagi pekerja.

Salah satu upaya itu adalah dengan menggelar lomba karya tulis agar masyarakat bisa menggali dan memaparkan manfaat dari program tersebut dan memberi masukan atas apa yang sudah dilaksanakan selama ini.

Risiko kerja, kara Sarjan, sering kali tidak bisa dihindari tetapi bisa diminimalisir dengan meningkatkan kewaspadaan saat bekerja.

PT Jamsostek saat ini memiliki empat program normatif, yakni jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dan jaminan pelayanan kesehatan.

Sarjan juga menyatakan perusahaannya siap melaksanakan UU No.40/2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Tema lomba kali ini adalah Jaminan Sosial dan Perlindungan Terhadap Pekerja dengan subtema Peranan PT Jamsostek (Persero) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pekerja.

Karya tulis sudah harus dimuat di media kampus, portal berita atau media cetak.

Lomba dibagi dalam tiga kategori, yaitu kategori umum untuk masyarakat luas termasuk mahasiswa, mahasiswa Strata-II, akademisi, pegawai negeri sipil dan karyawan swasta.

Kedua, kategori wartawan untuk mereka yang bekerja di media cetak dan online.

Masa penerbitan tulisan dimulai sejak 1 Oktober hingga 26 November 2011 di media cetak dan media online maksimal 3.000 karakter (huruf).

Karya diserahkan dalam bentuk hard copy dan soft copy paling lambat 26 November 2011 di Humas PT Jamsostek di Lantai 4 Gedung Jamsostek Jalan Gatot Subroto, Jakarta atau dikirim ke ezra_nab@yahoo.com

Hadiah pertama bagi kategori wartawan adalah Rp20 juta, hadiah pertama untuk kategori masyarakat umum dan mahasiswa Rp15 juta.(*)

E007/K005

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011