Tegucigalpa (ANTARA News) - Polisi di Honduras mengatakan enam orang tewas ditembak pada Jumat saat mereka meninggalkan bandara di bagian utara negara itu, yang memiliki salah satu tingkat pembunuhan tertinggi di dunia.

Insiden itu terjadi di pintu keluar tempat parkir di bandara di San Pedro Sula, yang terletak 240 kilometer (150 mil) di utara ibu kota Tegucigalpa.

Pada Kamis, Observatorium Kekerasan di Universitas Otonomi Nasional Honduras menyiarkan satu pengkajian yang menunjukkan, bahwa negara kecil di Amerika Tengah berpenduduk delapan juta itu akan memecahkan rekor dunia dengan tingkat pembunuhan tersebut.

Honduras akan mencapai 86 kasus pembunuhan per 100.000 penduduk pada akhir tahun ini, kata koordinator observatorium itu, Migdonia Ayestas.

Honduras memimpin 207 negara dengan tingkat pembunuhan tahun ini, kata pengkajian PBB yang memperkirakan 82,1 kematian per 100.000 orang.

Angka itu kemudian diikuti wilayah El Salvador (66) dan Guatemala (41,4).

Pihak berwenang menyalahkan beberapa kekerasan kartel narkoba internasional, yang telah digunakan negara-negara Amerika Tengah seperti Honduras sebagai jalur transit untuk ekspor kokain ke Amerika Serikat.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011