Jakarta (ANTARA News) - Tiga pasangan putri Indonesia mengawali kejuaraan voli pantai Asia Pasifik LA Lights Piala Gubernur Sumsel 2011 dengan meraih kemenangan pertama.

Pada turnamen uji coba menjelang SEA Games di Komplek Olahraga Jakabaring, Palembang, Kamis, pasangan Indonesia-1 Ayu Cahyaning Siam-Yokbeth Kapasiang meraih kemenangan pertama 21-18, 21-19 dari pasangan Australia Katie Bartoli-Sarah Battaglene.

Dua pasangan putri Indonesia lainnya, yakni Indonesia-2 Efa Sulistiowati-Dhita Juliana dan Indonesia-3 Fitri Wijayanti-Putu Dini Jasita Utami juga membukukan kemenangan pertama pada babak "round robin" tersebut.

Efa-Dhita menang atas pasangan Hong Kong Ng Tin Lai Ng-Wong Yuen Mei 21-10, 21-15, sedang Fitri-Putu bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan pasangan Malaysia-2 Iswari Manokharan-Luk Teng Kee 12-21, 21-17, 15-6.

"Untuk pertandingan pertama ini para pemain putri tampil maksimal, meskipun masih melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang mestinya tidak perlu," kata pelatih tim nasional putri Agus Salim.

Namun, ia menilai penampilan itu belum penampilan terbaik mereka terutama pasangan Indonesia-1 yang masih melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak perlu.

"Kalau pasangan Efa-Dhita sudah menunjukkan kemajuan, ada peningkatan dalam permainan mereka, bahkan mampu menyulitkan pasangan Hong Kong," tambahnya.

Pada bagian putra, pasangan Indonesia-3 Fahriansyah-M Bustomi menelan kekalahan pada laga pertama mereka, setelah gagal mengatasi pasangan Oman-1 Bader Al Subhi-Hassan Al Blushi 13-21, 19-21.

Sementara dua pasangan lainnya menang dua set langsung. Indonesia-1 Koko Prasetyo-Andy Ardiansyah menang 21-10, 21-15 atas pasangan Timor Leste-1 Nicolau Xavier-Adriano Ressuricao, sedang Dian Putra Santosa-Ade Candra Rachmawan mengalahkan pasangan Australia-1 Aaron Crook-Casey Grice 26-24, 21-16.

Pertandingan babak grup dilanjutkan Kamis sore untuk menentukan empat tim terbaik pada setiap grup pada bagian putri dan menentukan peringkat pada bagian putra.

(F005/C004)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011