Sumatera Selatan (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan berupaya tetap mencukupi pasokan air bersih kepada masyarakat sehingga bisa khidmat menjalankan ibadah selama Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriah.

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Kamis, mengatakan upaya tersebut di antaranya dengan meminta kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang supaya memastikan ketepatan jadwal pengaliran dan jumlah pasokan air bersih kepada masyarakat.

PDAM setempat juga didorong untuk terus meningkatkan kapasitas produksi dan jaringan pipa distribusi termasuk pemeliharaan secara berkala sehingga bila ditemukan kendala bisa segera diselesaikan.

Direktur PDAM Tirta Musi Palembang Andi Wijaya memastikan tidak ada perubahan jadwal pengaliran dan pasokan air tersebut kepada masyarakat selama Ramadhan yang jatuh pada April 2022.

Baca juga: Dirjen cipta karya sebut proyek IPAL Palembang sasar 100.000 jiwa

Jadwal pengaliran air tersebut, kata dia, tetap seperti biasanya yang dilangsungkan di setiap unit pelayanan masing-masing Unit Rambutan, KM5, 3 Ilir, Sako Kenten, Seberang Ulu II, Kalidoni, Karang Anyar, Alang-alang Lebar, dan Seberang Ulu I.

“Tetap seperti biasanya, misal seperti di Unit Rambutan jadwalnya mulai dari sekitar pukul empat subuh sampai sekitar pukul dua siang dan tentu kami pun terus berupaya untuk lebih maksimalkan pelayanan ini,” kata dia.

Ia memastikan distribusi air bersih berlangsung secara optimal karena pihaknya secara berkala melakukan pemeliharaan dan perbaikan di segala aspek yang berhubungan dengan pengolahan.

Setiap hari, PDAM setempat mampu mengalirkan ribuan liter air bersih per detik untuk mencukupi kebutuhan masyarakat, khususnya 312 ribu pelanggan tersebar di 18 kecamatan di daerah itu.

“Petugas juga kami disiagakan sehingga bila nanti ada kendala atau aduan dari masyarakat bisa diatasi segera, insyaallah mudah-mudahan pasokan air bisa tercukupi,” katanya.

Baca juga: DPRD minta Anies tuntaskan masalah air bersih yang belum selesai
Baca juga: Presiden Jokowi tinjau sumur pompa hidram di Desa Oinlasi

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022