Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Gerindra, Ahmad Muzani meminta pemerintah menjadikan daerah atau wilayah perbatasan sebagai halaman depan dari bangsa ini.

"Kita jadikan perbatasan itu sebagai halaman depan, jangan jadikan sebagai halaman belakang, sehingga nasionalismenya luntur dan hasil bumi dijual ke negara sebelah," kata Muzani kepada ANTARA News.

Untuk menjadikan perbatasan sebagai halaman depan dari bangsa ini, maka pemerintah harus memperhatikan segala kebutuhan masyarakat yang ada di perbatasan.

"Kita dorong perbatasan sebagai halaman depan dengan membangun sarana prasarana seperti sekolah, pasar, tempat ibadah, jalan, pusat kesehatan, Jangan biarkan masyarakat tumbuh tanpa ada intervensi dan bantuan dari pemerintah," kata Sekjen Partai Gerindra itu.

Pemerintah, kata Muzani, harus merencanakan pembangunan infrastruktur di perbatasan Indonesia.

"Dengan begitu, rasa nasionalisme masyarakat di perbatasan, pembelaan terhadap Merah Putih tetap tinggi dan bisa menjaga wilayah perbatasan dengan baik. Termasuk memperhatikan prajurit TNI yang sedang bertugas di wilayah perbatasan dengan memberikan tunjangan khusus," kata Muzani.

Terkait Border Security Guard yang bertugas menjaga semua wilayah perbatasan Indonesia, Muzani menilai, badan tersebut dinilai belum maksimal menjaga perbatasan.

Dalam arti, lanjutnya, selalu saja problem seperti luasnya perbatasan yang harus dijaga, terbatasnya personil, peralatan yang digunakan tak memadai, minim sarana dan prasarana di perbatasan, minimnya rasa nasionalisme
(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011