Denpasar (ANTARA News) - Sebanyak 579 personel polisi disiagakan untuk mengamankan agenda Asean Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) pada 10-12 Oktober 2011 di Grand Hyatt Hotel Nusa Dua, Bali.

Kasubbid Penmas Polda Bali AKBP Sri Harmiti, Minggu mengatakan, saat ini seluruh jajaran tengah melakukan persiapan pertemuan polisi se-Asean tersebut.

"Sekarang dalam persiapan serta pelatihan untuk gelar upacaranya," ujarnya.

Dalam pengamanan tersebut, Polda Bali yang didukung oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia menyiagakan sebanyak 579 personel polisi.

AKBP Harmiti menjelaskan, forum Internasional tersebut salah satunya untuk membahas upaya pencegahan dan penanggulangan kejahatan lintas negara di kawasan ASEAN.

"Ini merupakan pertemuan dua tahun sekali yang dilaksanakan secara bergilir di masing-masing negara. Dan saat ini Indonesia menjadi tuan rumahnya," jelasnya.

Dalam pelaksanaan AMMTC yang berlangsung selama tiga hari meliputi kegiatan pameran, forum Internasional, serta presentasi teknis tersebut akan dihadiri lebih dari sembilan ribu delegasi dan pelaku perdagangan.

Selain itu, forum Internasional tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja kepolisian serta layanan keamanan sebagai bagian dari pembaharuan program pemerintah.

Selain forum Internasional yang akan dihadiri sejumlah kepala Kepolisian se-Asean, di sela-sela kegiatan tersebut juga akan diselenggrakan pameran ASPACPOL yakni salah satunya untuk mengajak masyarakat mengenal lebih jauh tentang peralatan keamanan terutama peralatan yang dimiliki kepolisian.

Kegiatan pameran yang berlangsung pada Rabu (12/10) tersebut juga didukung oleh Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, AMSI, dan Indonesian Exhibition Companies Association (IECA) atau Asosiasi Pameran Perusahaan Indonesia.
(T.KR-PWD/I006)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011