Pacitan (ANTARA News) - Bambang Suryadi dari Polygon Sweet Nice (PSN) Surabaya kokoh di puncak klasemen sementara Speedy Tour de Indonesia (STDI) 2011 meski dietape VI dari Surakarta menuju Pacitan, Sabtu hanya finis diurutan ke-24.

Dietape VI ini pebalap dari Global Cycling Team, Wim Botman dengan catatan waktu 02.59.37 disusul Ying Hon Yeung dari Hongkong Team dan Timo Scholz dari Colossi-CCN dengan waktu sama yaitu 03.00.13.

Pebalap asli Probolinggo itu hingga etape VI mampu membukukan catatan waktu terkecil yaitu 19.00.36 dan berhak memakai kaos kuning. Diposisi dua dihuni Eric Sheppard (Plan B Racing Team) dengan waktu 19.09.53 dan Christoph Springer (Germany Wurtternberg) dengan waktu 19.10.29 berada diposisi tiga.

Dengan hasil ini pebalap kelahiran 21 tahun yang lalu itu tetap berhak menggunakan kaos kuning tanda pimpinan klasemen. Selain itu Bambang Suryadi secara otomatis juga berada di puncak klasemen sementara untuk kategori pebalap nasional.

"Saya bermain aman saja. Tapi tadi sedikit menyesal tidak bisa memanfaatkan dengan baik etape VI," kata Bambang Suryadi usai perlombaan yang finis di Alun-Alun Pacitan itu.

Menurut dia, jika mampu bermain maksimal seperti sebelumnya dirinya optimistis raihan catatan waktu akan lebih baik. Untuk itu pada etape VII dari Madiun ke Surabaya, Minggu (9/10) akan berusaha untuk lebih baik.

"Besok saya tetap bermain aman. Saya juga tidak akan mengambil sprint. Tapi jika ada peluang tetap saya ambil," katanya menambahkan.

Bambang Suryadi juga tetap kokoh di puncak klasemen sementara untuk kategori raja tanjakan meski tidak menjadi yang tercepat saat melintasi titik KOM (king of mountaint) di etape VI. Posisi tercepat diraih Matnur yang juga dari PSN.

Kaos polkadotpun tetap aman disandangnya. Raihan 19 poin belum terkejar pebalap dibawahnya termasuk rekan satu timnya di PSN, Dani Lesmana yang mengumpulkan 15 poin.

Meski PSN kurang maksimal di etape VI, secara klasemen umum tim juga belum terkalahkan. Tim yang bermarkas di Surabaya itu unggul jauh dibanding tim lain. Hingga saat ini PSN mampu mengumpulkan catatan waktu 57.33.23 dan dibawahnya Hongkong Team dengan waktu 57.40.38.

Sementara itu untuk kategori sprint atau pemegang kaos kuning, pebalap Malaysia dari Malaysia National Team, Mohd Akmal Amrun dengan 7 poin. Diposisi dua ditempati oleh Jimmy Pranata (Polygon Sweet Nice) dengan 5 poin.
(T.B016/M019)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011