Kami menerima informasi dari Koordinator Pos (Korpos) Namlea, Kabupaten Buru bahwa telah terjadi kecelakaan kapal terhadap sebuah loangboat yang mengalami kebocoran dan hampir tenggelam di sekitar Perairan Pulau Manipa
Ambon (ANTARA) - Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi dua penumpang "longboat" yang mengalami kebocoran dan nyaris tenggelam di sekitar Perairan Pulau Manipa, Maluku pada Senin, (28/3).

"Kami menerima informasi dari Koordinator Pos (Korpos) Namlea, Kabupaten Buru bahwa telah terjadi kecelakaan kapal terhadap sebuah loangboat yang mengalami kebocoran dan hampir tenggelam di sekitar Perairan Pulau Manipa," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon, Mustari di Ambon, Selasa.

Laporan tersebut disampaikan pihak keluarga korban sekitar pukul 18:16 WIT sehingga Korpos SAR Namlea bersama Polairud Pos Sandar Namlea dan unsur SAR lainnya langsung bergerak menuju lokasi kejadian.

Longboat tersebut digunakan Firman Gazali Rupelu (35) dan Toni Lapan Dewa (23) pada Senin siang dari Pulau Manipa menuju Namlea, Ibu Kota Kabupaten Buru.

"Setelah menerima Informasi tersebut pukul 18.16 WIT, tim SAR Pos Namlea beserta unsur potensi SAR lainnya bergerak menuju lokasi kejadian untuk melakukan proses evakuasi," kata   Mustari.

Setibanya di lokasi kejadian, tim SAR gabungan langsung mengevakuasi dua orang tersebut dalam keadaan selamat serta melakukan pengawalan terhadap loang boat yang mengalami keretakan menuju Pelabuhan Namlea.

Proses evakuasi dilakukan dengan menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) 02 milik Pos SAR Namlea setelah menemukan korban dalam posisi terombang ambing pada koordinat 3°16’00,S – 127°21’58,5″E, demikian Mustari.

 

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022