Jakarta (ANTARA News) -  Anggota Komisi I DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas menilai Tentara Nasional Indonesia TNI saat ini tampil semakin tangguh dan berdedikasi.

“Saya melihat TNI kini semakin percaya diri, tangguh dan berdedikasi dalam mengemban tugas dan amanah menjaga dan melindungi kedaulatan negara serta keutuhan NKRI,” tegas Ibas di sela-sela upacara peringatan HUT TNI ke – 66 yang dipusatkan di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Ia menambahkan, upaya TNI meningkatkan profesionalitas dengan memegang teguh Sapta Marga TNI patut diapresiasi.

"Militer profesional harus memiliki keahlian profesi, tidak berpolitik praktis, dan mengakui supremasi sipil. Militer yang tumbuh di negara demokrasi harus dicintai rakyatnya,” kata Sekretaris Jenderal Partai Demokrat ini.

Ibas mengungkapkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjadikan TNI semakin mantap ke depan antara lain, TNI harus terus inovatif dalam hal how to defend dan how to fight mengingat ancaman saat ini semakin berkembang dan dinamis, regulasi politik yang mengatur posisi TNI yaitu, UU TNI dan UU Pertahanan Negara ke depan masih perlu disempurnakan.

Ibas juga mendukung upaya peningkatan kesejahteraan prajurit TNI dan peningkatan anggaran alutsista TNI yang saat ini tengah menjadi kosentrasi pemerintah.

"Dukungan sarana pendidikan dan pelatihan TNI, termasuk dukungan pengembangan industri strategis pendukung pertahanan nasional harus kita perhatikan bersama,” tutup Ibas.(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011