Cinangka (ANTARA News) - Status Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda naik dari level II atau waspada menjadi level III atau siaga.

"Status GAK naik dari II menjadi III atau siaga. Kenaikan status ini tercatat sejak 30 September 2011, atau tiga hari lalu," kata Kepala Pos Pemantau GAK di Pasauran, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Anton S Pambudi, Senin.

Ia menjelaskan kenaikan kegempaaan GAK diharapkan tidak membuat masyarakat sekitar dan nelayan panik, namun pihaknya tetap meminta warga untuk hati-hati.

"Rekomendasi yang kami keluarkan kepada siapa pun, baik nelayan maupun wisatawan untuk tidak mendekat pada radius dua kilometer, dan selebihnya aman atau bisa melakukn aktifitas seperti biasa," katanya.

Pantauan di lapangan, belum terlihat kepanikan masyarakat di kawasan Pantai Anyer dan Ciangka. Umumnya masyarakat belum mengetahui akan peningkatan status GAK tersebut.

"Saya belum tahu kalau statusnya naik menjadi Siaga lagi, dan saya disini tidak mendengar ada suara letusan dari GAK, memang biasanya kalau statusnya naik terdengar suara letusan dari pesisir pantai," kata Maesaroh, warga Cinangka.
(ANT/152)  

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011