London (ANTARA News) - Wayne Rooney menyatakan Manchester United akan terus belajar meniru gaya bermain Barcelona untuk dapat mengalahkan raksasa Catalan itu.

United telah menelan dua kali kekalahan dari tiga kali pertemuan di laga final Liga Champions. Striker United itu mengatakan, "Ketika anda menyaksikan Barcelona, banyak orang terpesona dengan ketrampilan mereka mengoper dan menguasai bola".

"Bagi saya, ketika mereka kehilangan bola, mereka cepat-cepat memperkuat lini pertahanan dan coba merebut bola. Inilah modal terbesar yang mereka miliki. Mereka mampu memenangi banyak laga menghadapi lawan-lawannya. Kami telah coba menerapkannya  dalam latihan dan sejumlah pertandingan," katanya, sebagaimana dikutip dari laman The Sun.

Barca tampak semakin berenergi lantaran didukung sejumlah pemain muda. Rooney mengatakan, "Para pemain muda dapat menyuntikkan energi baru dalam tim."

Ketika ditanya peran Sir Alex Ferguson, Rooney menjawab dengan menggunakan tiga kata saja, yakni menang, puas dan menumbuhkan rasa kekhwatiran.

Bulan lalu, Ferguson merayakan 25 tahun bertugas di Old Trafford. Ketika Rooney baru berusia setahun, manajer asal Skotlandia itu sudah malang melintang di sejumlah stadion tua, sebagaimana dikutip dari laman The Sun.

Bintang timnas Inggris itu mengatakan, "Sulit dipercayai bahwa ia (Ferguson) punya segudang prestasi di sejumlah klub sepakola.

Selain Ferguson, ada figur legendaris di United yakni Sir Bobby Charlton. Tokoh itu menginspirasi Rooney. "Kami telah menyaksikan penampilannya. Rekornya luar biasa. Saya tidak ingin menyamai atau mengalahkan rekor suksesnya. Ia senantiasa datang dan memberi anda petuah dan ia bersedia mendengarkan anda," kata Rooney.

Pemain berusia 25  tahun itu menegaskan, "Setiap orang menawarkan segala hal yang sangat berbeda. Michael Owen tampil cemerlang, terpulang kepada siapa lawan yang sedang dihadapi. Berbatov banyak kali tampil lebih dalam dan berusaha terus menguasai bola."

Rooney juga menyoroti penampilan Owen. Ia mengatakan," Pergerakannya di kotak penalti lawan begitu menawan, enak dilihat. Ia piawai memanfaatkan setiap umpan untuk menciptakan gol. Ia salah satu sosok yang terbaik."
(A024)

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011