Posisi kapal berada di atas pulau karang. Pulaunya tidaklah besar, air laut pun surut. Mesin kapal mati..."
Batam (ANTARA News) - Kapal MV Marina Express I yang berlayar dari Kuala Tungkal, Provinsi Jambi menuju Batam, kandas di pulau karang di perairan sekitar Pulau Kepala Jeri, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Sabtu sekitar pukul 17.45 WIB.

Salah seorang penumpang kapal, Suana Niu saat dihubungi ANTARA mengungkapkan kapal yang ditumpanginya itu berada pada posisi naik di atas pulau karang di sekitar perairan Pulau Kepala Jeri.

"Posisi kapal berada di atas pulau karang. Pulaunya tidaklah besar, air laut pun surut. Mesin kapal mati dan penumpang kapal cukup ramai karena kapal ini dari Kuala Tungkal menuju Batam," ujar Suana.

Ia naik kapal feri tersebut dari pelabuhan Tanjung Batu, pulau Kundur, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Sabtu sekitar pukul 17.00 WIB, namun beberapa saat hendak menuju Pelabuhan Sekupang, Batam, kapal kandas di pulau karang yang tidak berpenghuni.

"Sekitar jam 19.30 WIB baru datang `speed boat` (kapal cepat berkapasitas sekitar 70 orang) penyelamat untuk mengangkut penumpang," kata Suana yang menyatakan sedang menunggu giliran untuk diangkut.

Ia mengatakan ada tiga speedboat yang datang untuk mengangkut penumpang kapal Marina Express. Para penumpang yang jumlahnya diperkirakan ratusan orang itu turun dari kapal berjalan kaki di antara celah batu karang menuju kapal penyelamat.
(E010)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011