Saint Petersburg (ANTARA News/AFP) - Juara Rusia Zenit St Petersburg berjuang keras setelah timnya kecolongan satu gol sampai akhirnya menang 3-1 atas 10 pemain Porto dalam pertandingan Grup G kompetisi Liga Champions di Saint Petersburg, Rabu waktu setempat.

Pemain tengah Roman Shirokov menjadi pahlawan tuan rumah ketika mencetak gol dua kali sedangkan pemain internasional Portugal Danny menciptakan juga gol untuk tim asuhan Luciano Spalletti itu.

Pemain sayap asal Kolumbia, James Rodriguez, menciptakan gol untuk Porto, namun gol itu tidak cukup untuk mempertahankan tim juara Liga Eropa tahun lalu itu untuk bertahan tidak terkalahkan dalam laga di daratannya sendiri.

Hasil itu merupakan momentum bangkitnya semangat Zenit, setelah kalah atas APOEL pada pertandingan pembuka mereka dua minggu lalu dan mereka berada di puncak klasemen dengan beda selisih gol atas Shakhtar Donetsk yang akan bertemu dengan APOEL.

Porto, juara Liga Champions 2004, mengawali permainan dengan cepat dan memimpin pada menit ke-10 ketika Rodriguez mendapat umpan bagus dari Hulk di sisi kanan dan menjebol gawang lawan dari sudut kotak penalti.

Tim tuan rumah, didukung penonton yang memadati Stadion Petrovsky berkapasitas 21.000 orang itu, berusaha kuat menekan lawan mereka untuk menyamakan kedudukan dan usaha itu berhasil pada menit ke-20 ketika Shirokov berhasil menyambar bola liar dari tangan penjaga gawang Porto Helton yang hanya mampu menjentik bola lambung dari Viktor Faizulin.

Beberapa saat setelah itu Alvaro Pereira tidak berhasil memanfaatkan peluang emas, ketika tembakannya melayang ke mulut gawang lawan dapat dialihkan Vyacheslav Malafeev.

Tim tuan rumah bertahan dan Porto mendapat pukulan menyakitkan ketika pemain bek kanan dari Uruguay Jorge Fucile dikeluarkan dari lapangan karena mendapat kartu hukukan kedua.

Zenit mengawali permainan dengan padu ketika babak kedua dimulai dan striker internasional Rusia Alexander Kerzhakov nyaris menambah angka timnya, namun bola menabrak tiang gawang.

Kerzhakov berhasil menjebloskan bola ke dalam gawang lawannya tetapi wasit menganulirnya karena ia terperangkap "offside".

Tapi Zenit tidak menunggu lama, karena Shirokov mencetak golnya yang kedua dengan memanfaatkan bola yang melayang dari tendangan bebas Faizulin dan penjaga gawang terperangah tidak mampu mengamankan bola yang menggetarkan jala gawangnya.

Danny pun membuat Zenin melengkapi gol mereka ketika melahirkan gol ketiga timnya pada menit ke-72, dengan memanfaatkan umpan lambung dari Kerzhakov.

Tiga menit kemudian, Shirokov nyaris membuat hattrick, tapi bola yang ditendangnya dari jarak enam yard hanya menerpa mistar gawang, sedangkan Danny yang sudah dekat dengan penjaga gawang gagal memanfaatkan peluang lain beberapa menit kemudian.

(A008)(A011)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011