Bandung (ANTARA News) - Ketua Umum Kushin Ryu M Karate-do Indonesia (KKI) Oesman Sapta menghimbau kepada kontingen karate Indonesia pada SEA Games 2011 nanti agar mewaspadai wasit yang akan memimpin pertandingan.

"Karate adalah cabang olahraga tidak terukur, jadi peran wasit dalam setiap pertandingan sangat menentukan," kata Oesman Sapta usai meresmikan pelatihan karate di Pomdam III Siliwangi Bandung, Rabu.

Menurut dia, pada pertandingan tidak terukur seperti karate diperlukan wasit-wasit yang jujur. Hal tersebut dibutuhkan agar bisa memberikan penilaian secara obyektif dalam setiap memimpin pertandingan.

Untuk itu, kata dia, semua pihak terkait mulai dari ofisial, pelatih hingga pemain diharapkan konsentrasi penuh dalam mempersiapkan diri guna menghadapi event olahraga terbesar di Tanah Air ini.

"Peluang karate di SEA Games nanti cukup besar. Apalagi bertanding di rumah sendiri. Jadi harus bisa dimaksimalkan," katanya menambahkan.

Dewan pembinan PB Forki itu menjelaskan, saat ini beberapa atlet binaan KKI terus digemleng dalam pelatnas SEA Games 2011. Selain melakukan pelatihan di dalam negeri, seluruh atlet juga turun pada beberapa pertandingan intenasional.

Hasil dari ujicoba yang dilakukan cukup menggembirakan. Beberapa atlet mampu menjadi yang terbaik saat turun dikejuaraan di China maupun Turki yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Oesman Sapta berjanji jika atlet karate yang turun di SEA Games 2011 mampu merebut medali akan diberikan bonus sesuai dengan prestasi yang diraih.

"Bonus jelas akan kami berikan," katanya.

SEA Games 2011 yang akan digelar pada 11-22 November mendatang di Jakarta dan Palembang akan mempertandingan 43 cabang olahraga. Pada event ini Indonesia telah menargetkan untuk menjadi juara umum.
(T.B016/A016)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011