Kuala Lumpur (ANTARA News) - Kemenangan penting tim asal Iran, Sepahan dalam Liga Champions AFC dicoret dan diberi kekalahan 0-3 karena menurunkan pemain yang tidak memenuhi syarat pada perempat final kompetisi tersebut.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menghapus kemenangan Sepahan 1-0 pada leg pertama atas tim asal Qatar Al Sadd dan menggantinya dengan kekalahan 0-3 pada Senin, lapor AFP.

Kedua tim akan memainkan pertandingan leg kedua di Doha pada Rabu.

Sepahan dijatuhi sanksi tersebut karena menurunkan kiper Rahman Ahmadi, yang mendapat dua kartu kuning pada pertandingan grup yang berbeda ketika bermain untuk saingan mereka di Iran Piroozi sebelum pindah klub saat bursa transfer pada musim panas.

AFC mengatakan, Ahmadi seharusnya menjalani larangan main satu pertandingan pada leg pertama perempat final 14 September lalu, dan selanjutnya akan dilarang main pada leg kedua, Rabu. Sepahan juga dikenai denda 1.000 dolar AS.

"Komite (disiplin) memvonis Rahman Ahmadi dari Sepahan seharusnya menjalani larangan main pada pertandingan setelah mendapat dua kartu kuning pada babak grup Liga Champions AFC 2011 ketika ia bermain bagi Piroozi dari Iran," demikian kata pernyataannya.

Sepahan mempunyai waktu tiga hari untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut, yang membuat perjuangan mereka untuk mencapai semifinal untuk kedua kalinya pada kompetisi itu semakin berat setelah berakhir sebagai "runner-up" pada 2007. (F005/A011)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011