New York (ANTARA News/IRNA-0ANA) - Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi bertemu dengan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton di sela-sela sidang Majelis Umum PBB ke-66 di New York pada Kamis.

Salehi dan Ashton membahas perkembangan politik terbaru di Timur Tengah dan juga masalah nuklir Iran.

Republik Islam Iran dan Uni Eropa dapat saling melengkapi satu sama lain dan mendiskusikan masalah-masalah yang berbeda dari kepentingan bersama, kata Salehi, mengacu pada potensi kerja sama Iran-Uni Eropa.

Mengacu kepada kerja sama Iran dengan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA), ia mengatakan, bahwa banyak perkembangan, termasuk kerja sama Iran dengan IAEA yang telah terjadi sejak kunjungan terakhir Ashton ke Iran.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton pada bagian mengatakan, bahwa Uni Eropa dan Iran memiliki banyak isu untuk dibahas, seperti membangun hubungan-hubungan yang rasional dengan Iran.

"Saya berharap bahwa kita akhirnya bisa menyelesaikan masalah dengan melangkah di jalan yang benar," kata Ashton.

Dia menekankan pentingnya penyelesaian masalah nuklir Iran melalui cara diplomatik.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa juga mencatat, bahwa ia akan membalas surat yang ditulis oleh Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran, Saeed Jalili.

(Uu.H-AK/B002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011