Pemerintah konsisten mengampanyekan semangat cinta produk dalam negeri, agar industri Indonesia dapat terus bertumbuh di negeri sendiri
Bandarlampung (ANTARA) - Kementerian Perindustrian mengusung beberapa strategi untuk meningkatkan penjualan online produk-produk industri kecil dan menengah (IKM) yang masuk dalam program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

"Pertama, kami menggandeng pihak yang memang sudah mumpuni untuk masuk pasar online, kemudian membuat nota kesepahaman bersama," kata Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kemenperin Reni Yanita di Bandarlampung, Kamis.

Selain itu, Kemenperin juga memberi pendampingan legalitas serta sertifikasi yang dibutuhkan produk-produk tersebut, di antaranya SNI, halal, hingga izin edar, untuk meyakinkan konsumen dan memperluas pasar.

"Ada produk yang membutuhkan SNI, halal. Kami beri pendampingan, itu juga merupakan strategi untuk meningkatkan penjualan. Dengan adanya sertifikasi yang dibutuhkan, maka konsumen akan semakin yakin," ungkap Reni.

Terakhir, Kemenperin berupaya menjaga keberlangsungan usaha IKM agar semakin berkembang.

Gernas BBI Lagawi Fest Tahun 2022 membidik peningkatan penjualan online 30 industri kecil menengah (IKM) terpilih selama tiga bulan.

Sehingga, akan didapatkan lima IKM yang dianggap terbaik dengan penjualan terbanyak dan kriteria unggulan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Reni meminta Pemerintah Daerah Lampung dapat mengoptimalkan pembelian produk dalam negeri, termasuk yang berasal dari IKM.

"Hal itu kami dorong karena tahun ini kita memiliki target pembelian produk dalam negeri sebesar Rp400 triliun melalui e-katalog dan toko daring, yang diharapkan Rp200 triliunnya berasal dari pemerintah daerah," kata Reni.

Gernas BBI merupakan gerakan bersama pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat untuk mencintai dan membeli produk lokal.

Pemerintah konsisten mengampanyekan semangat cinta produk dalam negeri, agar industri Indonesia dapat terus bertumbuh di negeri sendiri.

Baca juga: Gernas BBI Lagawi Fest bidik peningkatan penjualan online IKM Lampung
Baca juga: Kemenperin dorong IKM furnitur penuhi kebutuhan pasar dalam negeri
Baca juga: Kemenperin fasilitasi IKM dan SMK manfaatkan teknologi industri 4.0


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022