Jawa Barat (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengedukasi sekaligus meningkatkan kecintaan anak-anak pada lingkungan sejak dini.

Kegiatan tersebut dilakukan di Kebun Raya Cibodas BRIN Kabupaten Cianjur, Jawa Barat melalui Program Belajar Konservasi Alam Kebun Raya Indonesia (Bekal Kaya) sebagai rangkaian dari kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun ke-170 Kebun Raya Cibodas.

Baca juga: Pengunjung Kebun Raya Cibodas meningkat sejak kembali dibuka

“Targetnya untuk mengedukasi anak-anak usia dini, karena untuk membangun mental anak-anak supaya peduli lingkungan itu dimulai dari usia dini,” kata Kepala Kantor Kebun Raya Cibodas Fitri Kurniawati dalam acara Bekal Kaya di Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat, Kamis.

Fitri menuturkan Bekal Kaya yang diadakan selama sepekan sejak 7 Maret 2022 tersebut menyasar 500 peserta didik dan diikuti oleh 10 taman kanak-kanak (TK) yang berada di sekitar wilayah Kebun Raya Cibodas.

Anak-anak TK tersebut mendapat pengenalan tumbuhan untuk membangkitkan kepedulian dengan tumbuhan sekitarnya. Materi yang disampaikan termasuk mengenal beragam bentuk biji-bijian dan bentuk daun-daunan yang unik, serta mencium aroma khas dari tanaman. Hal itu dilakukan untuk memicu antusiasme anak-anak terhadap tumbuhan.

Baca juga: Dibuka lagi, Kebun Raya Cibodas terima 1.500 pengunjung

Baca juga: Bunga Bangkai setinggi 289 centimeter mekar di Kebun Raya Cibodas


Pada hari terakhir kegiatan Sepekan Mengenal Konservasi Bersama Kebun Raya Cibodas Tahun 2022 tersebut, rombongan anak didik dari TK IT Nurul Bahjah Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memperoleh edukasi tentang pengenalan tumbuh-tumbuhan.

Koordinator Pendidikan Tingkat TK dan SD Kecamatan Cipanas Dadan Sudhana mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap akan ada kegiatan lanjutan untuk menyasar lebih banyak anak didik yang mendapatkan edukasi terkait lingkungan dan tanaman, sehingga bisa meningkatkan kepedulian dan kecintaan terhadap keberlanjutan lingkungan.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022