Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Ani Yudhoyono memberikan penghormatan terakhir kepada anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Sutjipto pada persemayaman di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

Presiden Yudhoyono yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat tiba di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, sekitar pukul 14.00 WIB.

Ketika kendaraan kepresidenan tiba di depan Gedung Nusantara, setelah pasukan pengamanan presiden (paspamres) keluar dari kendaraan dan membentuk formasi di sekitar lokasi persemayaman jenazah almarhum Sutjipto, Presiden Yudhoyono didampingi Ibu Ani Yudhoyono kemudian berjalan menuju ke ruangan dan memberikan penghormatan terakhir.

Presiden Yudhoyono sempat memanjatkan doa kepada Allah SWT di hadapan peti jenazah Sutjipto.

Ia kemudian mendekati dan menyalami keluarga Sutjipto yang duduk di jejeran kursi dekat peti jenazah.

Presiden sempat duduk sejenak sebelum meninggalkan ruangan dan kembali memasuki mobil kepresidenan.

Setelah upacara pemberian penghormatan terakhir, jenazah almarhum Sutjipto segera diberangkatkan ke pemakaman Sandiego Hllis, Karawang, Jawa Barat.

Wakil Ketua DPR RI, Pramono Anung, yang memimpin upacara pemberian penghormatan terakhir mengatakan, almarhum Sutjipto dijadwalkan akan dimakamkan di pemakaman Sandiego Hills, pada sekitar pukul 15.00 WIB.

Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Sutjipto meninggal dunia di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta, Selasa, sekitar pukul 07.00 WIB karena komplikasi penyakit diabetes.

Sebelum bertugas di Komisi II DPR RI, Sutjipto berada di komisi III DPR RI dan menjadi salah seorang inisiator Panja Pajak yang kemudian gagal diproses.

Sutjipto lahir di Magetan, Jawa Timur, pada 5 Oktober 1950.

Sebelum menjadi anggota DPR RI, Sutjipto berprofesi sebagai notaris.

(T.R024/R010)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011