Sejak gempa terjadi, berulang kali longsor terjadi mengakibatkan jalan terputus. Kemudian lokasi itu masih labil akibat gempa
Simpang Empat, Sumbar (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Penataan Ruang Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat memperbaiki jalan alternatif penyaluran logistik gempa dari MAN 4 Kajai menuju Simpang Timbo Abu Talamau.

Kepala Dinas PUPR Pasaman Barat Jhon Edwar didampingi Kepala Bidang Bina Marga Darmawan di Simpang Empat, Sabtu mengatakan perbaikan jalan alternatif itu dilakukan karena jalan utama di Rimbo Kejahatan sangat rawan longsor dan aspalnya sudah banyak yang terban dan retak.

"Saat ini jalan alternatif yang kita gunakan saat penyaluran logistik untuk korban gempa ke Simpang Timbo Abu kita tutup sementara untuk dilakukan pengerasan dengan kerikil jalan yang bertanah sepanjang tiga kilometer," katanya.

Menurutnya perbaikan jalan sepanjang tiga kilometer akan dilakukan menuju Simpang Timbo Abu karena jalan itu sangat terasa manfaatnya ketika mendistribusikan logistik ke lokasi terdampak gempa.

Saat ini, katanya jalan utama yang menghubungkan Kajai dengan Simpang Timbo Abu melalui jembatan panjang sangat rawan longsor.

"Sejak gempa terjadi, berulang kali longsor terjadi mengakibatkan jalan terputus. Kemudian lokasi itu masih labil akibat gempa," katanya.

Untuk itu, katanya, dipakai jalan alternatif menuju Simpang Timbo Abu yang cukup parah terdampak gempa.

"Sambil menunggu perbaikan jalan utama dari Pemprov Sumbar, kita juga memperbaiki jalan alternatif dengan pengerasan jalur MAN 4," ujarnya.

Ia mengimbau kepada warga yang menempuh jalan utama menuju Talu dari Simpang Empat agar tetap waspada karena banyak jalan yang terban dan retak-retak.

Selain itu perbukitan di sekitar Rimbo Kejahatan Kajai juga masih labil dan banyak batu-batu besar yang siap turun kapan saja, demikian Jhon Edwar.

Baca juga: Satgas Bencana Pasaman Barat salurkan bantuan pakai mobil offroad

Baca juga: Pengungsi anak-anak Simpang Timbo Abu Talamau diajarkan baca Alquran

Baca juga: Bantuan logistik disalurkan ke 11 titik terdampak gempa Pasaman Barat

Baca juga: KAI salurkan bantuan logistik kepada korban gempa di Pasaman Barat

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022