Palembang (ANTARA) - Pemprov Sumsel menetapkan kawasan Tajung Api Api Kabupaten Banyuasin sebagai kawasan ekonomi khusus untuk lokasi industri dan sarana transportasi kereta api.

"Kita telah mengusulkan kawasan Tanjung Api Api itu menjadi kawasan ekonomi khusus pada pemerintah pusat," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel Eppy Mirza di Palembang, Senin.

Lebih lanjut dia mengatakan, sekarang ini kawasan ekonomi khusus itu akan dikaji lagi terutama untuk melengkapi persayaratan yang dibutuhkan.

Selain itu kawasan ekonomi khusus tersebut akan dijadikan lokasi industri dan perusahaan sudah banyak yang ingin menanamkan modalnya, ujar dia pula.

Dia mengatakan, di kawasan tersebut nantinya akan dibangun industri pupuk serta rel kereta api untuk mengangkut Batubara yang diharapkan bisa menyerap ribuan tenaga kerja.

Memang, ujar dia, kawasan tersebut sudah menjadi prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi Sumsel selain kesehatan dan pendidikan gratis.

Namun, kesemuanya itu harus didukung bersama terutama kabupaten sebagai tempat pelaksanaan kawasan ekonomi khusus tersebut, kata dia.

Wakil Ketua Kawasan Ekonomi khusus pusat, Budi S mengatakan, pihaknya akan mengkaji kawasan tersebut supaya pelaksanaanya lebih maksimal.

Kawasan ekonomi khusus tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian rakyat, kata dia.

Berdasarkan data areal kawasan ekonomi khusus tersebut sekitar 3.000 hektare dari 13 ribu luas hutan yang ada di daerah itu.
(U005)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011