Jayapura (ANTARA News) - Klub Persipura Jayapura dan Arbil SC dari Irak sama-sama merendah dan tidak berani sesumbar ketika kedua tim bertemu pada babak perempat final Piala AFC di Stadion Mandala Jayapura, Selasa (13/9).

Pelatih Arbil SC Ayoup Odisho, Senin, mengatakan, sebagai tim tamu pihaknya tidak berani terlalu sesumbar karena sama sekali belum pernah melihat permainan anak-anak Persipura Jayapura.

"Kita masih buta dengan kekuatan lawan, ini merupakan pertemuan pertama. Namun begitu, kami akan tetap bermain maksimal dan sebaik mungkin demi meraih kemenangan," katanya.

Menurut dia, saat ini pemain Arbil FC sangat kelelahan, karena harus menempuh perjalanan selama 12 jam dari Malaysia. Apalagi ada beberapa pemain yang keluar dari tim.

"Kondisi pemain sangat lelah, namun sebelum berangkat menuju Jayapura, Papua, tim sudah menjalani latihan selama 10 hari di Malaysia. Pada umumnya seluruh pemain siap tampil," katanya.

Meskipun kelelahan, tim Arbil SC sangat optimistis bisa mengimbangi permainan tim Persipura yang terkenal kuat.

"Laga besok (Selasa) akan sangat sulit, karena belum ada materi lawan, Namun pemain siap menampilkan permainan terbaik," ujar Kapten tim Arbil SC, Loay Salah.

Menghadapi Persipura, Loay mengaku, diperkuat 18 pemain, namun hanya 15 pemain saja yang dalam kondisi fit dan siap.

"Kami tidak mau bicara banyak soal pertandingan besok (Selasa), namun lihat saja apa yang nanti ditampilkan pemain saat menjalani laga di Stadion Mandala, Jayapura," katanya.

Sikap merendah juga di perlihatkan kubu Persipura yang juga tidak berani sesumbar menghadapi Arbil SC, meski mereka akan bermain di Stadion Mandala yang notabenenya tampil sebagai tuan rumah.

"Segala sesuatu akan terjadi besok. Pada dasarnya saya sudah pelajari permainan Arbil SC sejak dua bulan lalu. Yang pasti Boaz dan kawan-kawan sudah siap tampil, muda-mudahan konsentrasi pemain tidak berubah," kata Pelatih Persipura, Jacksen F Tiago.

Menurut Jacksen, secara keseluruhan persiapan tim sudah sangat siap, karena sudah menjalani latihan dan uji coba pertandingan.

"Secara umum tim sudah sangat siap, dan tadi pagi Persipura sudah menjalani latihan terakhir tinggal melakukan pertemuan terakhir bersama pemain untuk membicarakan pertandingan besok," ujarnya.

Menyinggung soal Gerald Pangkali dan Johanis Tjoe yang terkena akumulasi kartu, kata Jacksen, hal itu tidak akan mempengaruhi tim karena masih ada pemain yang bisa menggantikan posisi mereka.

"Masih ada David Uron, Stevi, Ian Kabes, dan Victor Igbonefo yang bisa menggantikan posisi Gerald dan Johanis. Mudah-mudahan perubahan ini tidak mempengaruhi tim, karena hal ini sebelumnya akan di diskusikan terlebih dulu," katanya.

Senada dengan itu, Ferdiansyah Penjaga Gawang Persipura mengatakan, secara umum pemain sudah siap. Namun pihaknya tidak ingin meremehkan tim lawan.

"Kami sudah siap menampilkan permainan terbaik, namun kami tidak akan meremehkan lawan, sebab mereka juga pasti sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin. Yang penting harapan kami bisa meraih poin penuh dilaga perempat final AFC," ujarnya.

Diketahui, laga perempat final Piala Asian Football Confederation (AFC) yang akan digelar di Stadion Mandala Jayapura, Selasa (13/9), akan dihadiri oleh Menpora, Sekjen PSSI, dan beberapa pengurus PSSI lainnya.
(T.KR-ALX/T009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011