Los Angeles (ANTAR News) - Aktor Andy Whitfield, mantan bintang serial televisi "Spartacus: Blood and Sand," meninggal dunia, Minggu, karena kanker lymphoma di Sydney, Australia, pada usia 39, demikian wali almarhum seperti dikutip Reuters.

Whitfield memerankan sosok hero tak terkalahkan Spartacus di jaringan Starz itu yang diluncurkan tahun lalu.

Sang aktor yang juga membintangi film produksi tahun 2010 "The Clinic" dan "Gabriel" yang diproduksi pada 2007 itu harus menyingkir dari perannnya dalam "Spartacus" karena sakit lymphoma.

"Di satu pagi yang indah di Sidney, dikelilingi keluarganya, dalam pangkuan istri tercintanya, pahlawan muda nan tampan kami Andy Whitfield kalah dalam pertarungan selama 18 bulan melawan kanker lymphoma," kata Vashti Whitfield, istrinya, dalam satu pernyataan tertulis.

Presiden Starz dan CEO Chris Albrecht mengatakan dia sangat berduka atas meninggalnya Whitfield.

"Kami beruntung bisa kerja bareng dengan Andy dalam 'Spartacus' dan tahu bahwa orang yang berperan sebagai juara di layar kaca adalah juga juara di kehidupan pribadinya," kata Albrecht.

"Andy adalah inspirasi untuk kita semua saat dia menghadapi pertarungan paling personalnya dengan keberanian, kekuatan dan keanggunan."

Whitfield dilahirkan di Wales dan kemudian pindah ke Australia.

Karena sakitnya itu, perannya dalam "Spartacus" digantikan oleh aktor Australia, Liam McIntyre.  (*)

Copyright © ANTARA 2011