Pandeglang (ANTARA News) - Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Pandeglang Anwar Fauzan mengungkapkan, jumlah pengangguran di daerahnya terus meningkat seiring meningkatnya angka kelulusan sekolah pada 2011.

"Angka kelulusan, baik sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) maupun sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) pada 2011 cukup banyak, dan tidak seluruhnya melanjutkan pendidikan," katanya di Pandeglang, Minggu.

Sebagian dari lulusan itu, ada yang bisa langsung bekerja, tapi banyak yang harus menganggur karena belum mendapat pekerjaan.

"Data riil sampai dengan sekarang belum ada, tapi saya yakin mengalami peningkatkan dibandingkan data per awal 2011 sebanyak 17.300 jiwa," papar Anwar tanpa menyebutkan angka pasti.

Menurut dia, jumlah pengangguran per awal 2011 itu didasarkan pada  pengurusan kartu kuning untuk kebutuhan mencari pekerjaan.

"Riilnya bisa saja lebih besar lagi, yang kita catat itu hanya yang mengurus kartu kuning untuk keperluan mencari pekerjaan. Sebagian penganguran itu lulusan SLTA," ujarnya.

Pada 2010, kata dia, pencari kerja di Kabupaten Pandeglang mencapai 6.000 jiwa dan sebagian besar warga bekerja di luar daerah seperti Cilegon, Tangerang, Serang, Jakarta, dan Bogor.

"Lapangan pekerjaan di Pandeglang ini relatif sedikit karena sektor industri masih kurang," ujarnya.(*)

S031/C004

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011