Bengkulu (ANTARA News) - Direktur Jenderal Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Dalam Negeri akan mengalokasikan dana tugas perbantuan (TP) sebesar Rp100 juta pada beberapa pasar tradisonal di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Saat ini tim dari kabupaten tengah menyeleksi berkas-berkas diajukan 142 desa di Bengkulu Selatan. "Bagi yang memenuhi syarat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp100 juta", kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Bengkulu Selatan Ir Junior Hafiz.

Dana bantuan itu, katanya, untuk pembangunan los, jalan dan komponen pasar desa. Hingga saat ini baru empat desa disurvei yaitu pasar desa Lubuk Tapi Kecamatan Ulu Manna, Tanjung Eran Kecamatan Pino, Tanjung Alam Kedurang dan Babatan Ulu Kecamatan Seginim.

Kepala Bidang Ekonomi Pemberdayaan masyarakat desa Dra Musiana mengatakan, pihaknya akan menyeleksi secara ketat bagi desa-desa tersebut karena peminatnya cukup banyak.

Pembangunan pasar tradisonal di Bengkulu Selatan cukup potensial, terutama pada desa memilik arela kebun kelapa sawit dalam jumlah luas, sehingga perputaran uangnya cukup tinggi setiap minggunya. (ANT)





Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011