untuk mengatasi terjadinya genangan saat turun hujan
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu membangun bak sumur resapan di RT002/RW04 Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Selasa.

Kepala Sudin SDA Kepulauan Seribu Hendri dalam keterangan resminya di Jakarta, mengatakan pekerjaan pembuatan bak sumur resapan dilakukan delapan orang personel satuan petugas (Satgas) SDA Pulau Pramuka.

"Sumur resapan ini bertujuan sebagai upaya untuk mengatasi terjadinya genangan saat turun hujan," ujar Hendri.

Hendri mengatakan pada tahun ini di Pulau Pramuka Satgas SDA membuat enam bak sumur resapan, tiga titik bak sumur resapan di antaranya sudah selesai dikerjakan yaitu di lokasi RT 05/04 Kelurahan Pulau Panggang.

Baca juga: Kasudin SDA: Sumur resapan bukan hanya untuk pengendalian banjir

"Satu bak sumur resapan panjangnya 7,5 meter dengan tipe bak sumur resapan berdiameter 30 × 30 cm dan 40 × 40 cm dengan kedalaman 50 cm," kata Hendri.

Hendri menambahkan, pembuatan sumur resapan di Pulau Pramuka dikerjakan sejak akhir Februari 2022 dan saat ini yang sudah difungsikan dan dimanfaatkan sebanyak tiga di RW 04.

"Kami harapkan, jalan di permukiman warga tidak lagi ada genangan air saat musim hujan," katanya.

Hendri tidak bersedia merinci berapa nilai anggaran untuk membuat bak sumur resapan tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun ANTARA,  anggaran untuk satu sumur resapan tergantung kedalaman sehingga perkiraannya sekitar Rp.692.000,-

Baca juga: Sumur resapan telah dibangun di 266 lokasi di Kepulauan Seribu

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022