London (ANTARA News) - Manajer timnas Inggris Fabio Capello punya kiat tersendiri memotivasi para pemain dengan memberi nasehat secara perorangan kepada pemain yang punya talenta di masa depan.

Bermodal segudang pengalaman sebagai manajer, Capello menasehati pemain Liverpool yang kini bergabung bersama skuad Three Lions, Andy Caroll, sebagaimana dikutip dari laman Skysports.

Kurangi bahkan tinggalkan kebiasaan menenggak minuman beralkohol bila ingin menjadi pemain handal, kata manajer asal Italia itu kepada Caroll.

Mantan striker Newcastle itu masuk skuad besutan Capello jelang babak penyisihan Euro 2012. Inggris akan menjalani dua laga yakni melawan Bulgaria dan meladeni Wales.

Caroll yang kini berusia 22 tahun terus digenjot latihan fisik jelang laga melawan Wales pada Selasa waktu setempat. Nasehat Capello kepada Caroll juga berlaku kepada pemain lainnya.

Penting bagi setiap pemain bertanggungjawab atas kehidupan pribadinya setiap hari, kata Capello. Manajer kelas dunia itu menyapa setiap pemain secara perorangan.

"Gaya hidupnya (Caroll) jadi masalah. Perlu berhati-hati dalam soal ini," katanya. "Ia pemain penting tidak hanya bagi timnas Inggris tetapi juga bagi Liverpool. Menurut saya, ia tahu betul kebutuhannya sendiri."

Bagi Capello, pemain bola kelas dunia harus menjauhi minuman beralkohol. Dan Caroll mengonsumi alkohol terlalu berlebihan. "Saya tidak tahu gaya hidupnya. Tapi saya pernah mengatakan hal ini," katanya.

"Jika anda ingin menjadi pemain yang baik dan olahragawan yang baik, perlu mengurangi minuman beralkohol," katanya.

Ketika ditanya soal Caroll, Capello menjawab, "Soal ini menyentuh soal pribadi. Saya telah bicara soal ini dengan dia. Tentunya ini diskusi antara dua orang. Saya pikir ia paham. Ia masih muda. Kami memerlukan dia karena ia pemain penting."
(A024)

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011