Jambi (ANTARA News) - Para pecinta sepeda tua ontel Jambi yang tergabung dalam klub Betton menawarkan sepeda koleksi mereka menjadi kendaraan santai berkeliling komplek Candi Muarojambi yang menjadi objek wisata utama warga kota Jambi saat liburan lebaran saat ini.

"Komunitas kita ada yang menawarkan menawarkan jasa angkutan berwisata mengelilingi objek wisata komplek Candi Muarojambi sekitar 10 km dari pusat kota Jambi, salah seorang koordinatornya Pak Anshar pemilik belasan unit sepeda ontel di komunitas kita," kata Syam (49) salah seorang anggota kumunitas Betton Jambi, Sabtu.

Ia mengatakan, Anshar sering menawarkan jasa rental wisata koleksi sepeda-sepeda ontel yang unik dan menarik serta mengandung nilai sejarah, kepada para wisatawan di berbagai objek wisata di kota Jambi dan Muarojambi.

Sepda-sepeda tersebut disewakan dengan harga bervariasi antara Rp5.000 hingga Rp50.000 tergantung lama peminjaman oleh penyewa.

Biasanya rekan-rekan anggota klub yang lain juga ikut, tapi saat lebaran sekarang hanya beberapa anggota klub saja yang terlibat karena kebanyakan anggota yang lain banyak yang sedang mudik atau merayakan lebaran bersama keluarga mereka.

Dalam komplek percandian Muarojambi yang sangat luas tersebut para pengunjung dapat mengeliling objek-objek yang ingin dilihatnya di antara puluhan candi peninggalan Budha pada masa Kerajaan Melayu lama sekitar abad VII Masehi di Jambi tersebut, bersama keluarga dengan santai mengenderai sepeda-sepeda Ontel yang tersedia.

Selain sepeda ontel tersedia pula jenis angkutan lain seperti becak, yang dikhususkan untuk angkutan pariwisata di komplek percandian tersebut.

Becak-becak tersebut juga dihias sedemikian rupa sehingga terlihat sangat menarik, terutama bagi anak-anak, apalagi dilengkapi pula dengan perangkat musik audio visual.

Sementara untuk mencapai objek wisata komplek Candi Muarojambi tersebut dapat ditempuh dengan dua cara yakni dengan transportasi darat melalui Jembatan Aurduri atau melalui jalur sungai dengan kendaraan angkutan air yakni ketek.

"Bahkan kalau lewat Sungai Batanghari dari pelabuhan ketek di Angsoduo ada pihak dari Asita Jambi yang menyediakan paket wisata khusus," kata Syam.

Kota Jambi, memang tidak memiliki banyak tempat wisata, sehingga semua objek tersebut selama musim liburan lebaran hingga H+4 saat ini ramai dikunjungi warga seperti Candi Muaro Jambi, Taman Kampoeng Radja, Taman Tanggo Radja, kebun biantang Taman Rimba, Taman Aci dan Jembatan Batanghari II. (ANT-144/E003/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011