Mamuju (ANTARA News) - Arus balik penumpang Idul Fitri 1432 Hijriah pada Sabtu, di pelabuhan feri Mamuju di Kelurahan Simboro Kepulauan, Kecamatan Simkep, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Sabtu, mulai melonjak.

Penumpang arus balik Kapal feri di pelabuhan itu, yakni JM Fery yang akan menuju Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, melonjak menjadi 600 orang, dibandingkan Kamis dan Jumat dengan hanya sekitar 100 orang penumpang.

General Manajer PT Angkutan Sungai Darat dan Penyeberangan (ASDP) Perwakilan Mamuju Ahmad Sudirman mengatakan, lonjakan jumlah penumpang dipelabuhan Fery itu akan mencapai puncaknya pada H-5 lebaran disaat semua pemudik melakukan arus balik.

"Pada H-5 lebaran diperkirakan penumpang arus balik akan mencapai 1000 orang perhari menuju Kota Balikpapan, karena umat muslim telah selesai menikmati masa lebaran kampung halamannya di Mamuju," katanya.

Selain lonjakan penumpang, lonjakan jumlah kendaraan truk yang mengankut rempah-rempah dan roda dua milik penumpang arus balik yang diangkut kapal Fery menuju Kota Balikpapan juga tampak dipelabuhan Fery Mamuju.

"Jumlah kendaraan truk melonjak menuju Balikpapan karena masyarakat sudah selesai merayakan lebaran dan kembali menjalankan aktivitasnya mengankut hasil bumi menuju Kota Balikpapan untuk dipasarkan,"katanya.

Menurut dia, jumlah lonjakan penumpang arus balik di pelabuhan Feri Mamuju itu, seperti jumlah penumpang arus mudik Lebaran yang terjadi sebelumnya.

"Penumpang arus balik Lebaran di pelabuhan Fery Mamuju adalah warga Mamuju yang mengadu nasib di sejumlah kota di Provinsi Kalimantan Timur seperti di Balikpapan, Samarinda dan Bontang," katanya. (MFH/M027/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011