Brisbane, Australia (ANTARA News/AFP) - Pemain pengganti Alex Brosque menyelamatkan wajah tuan rumah Australia melalui gol penentu kemenangan pada menit-menit terakhir untuk mengalahkan Thailand 2-1 pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia Zona Asia Grup D di Brisbane, Jumat.

Tuan rumah Australia, yang dikenal dengan julukan The Socceroos, sempat terhenyak ketika Thailand unggul lebih dulu ketika pertandingan baru berlangsung 15 menit melalui gol Teerasih Dangda.

Australia dengan peringkat dunia 98 lebih baik dibanding Thailand, akhirnya mampu bangkit pada babak kedua dengan mencetak dua gol melalui Josh Kennedy dan Brosque, sekaligus meraih angka penuh pada pertandingan pertama kualifikasi tersebut.

"Gol itu membuat kami rasanya sudah kalah," kata Mark Schwarzer, kiper Australia.

"Ini adalah penampilan terburuk kami dan kami tidak ingin mencari cari alasan. Saat ini kami tidak tampil cukup bagus, tapi setidaknya kami akhirnya menang dan meraih hasil positif," katanya.

Tuan rumah Australia yang berambisi untuk tampil di putaran final Piala Dunia untuk ketiga kalinya secara beruntun, sebenarnya tampil lebih dominan sejak awal.

Tapi kesalahan Neil Kilkenny membuat Thailand berhasil memanfaatkan peluang melalui serangan balik yang berlangung cepat.

Ketinggalan 0-1 membuat tuan rumah panik dan berusaha sekuat tenaga untuk mencetak gol balasan.

Usaha keras Australia akhirnya membuahkan hasil ketika Kennedy akhirnya mencetak gol balasan pada menit ke-58 untuk menyamakan kedudukan 1-1.

Ketika pertandingan tersisa empat menit, para pendukung tuan rumah akhirnya bisa bernafas lega setelah Brosque akhirnya memastikan kemenangan Australia.

Pada pertandingan berikutnya, Australia akan berhadapan dengan Saudi Arabia di Dammam, Selasa mendatang, sementara Thailand menjamu Oman di Bangkok.
(a032)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011