Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 dan mengajak untuk menyelaraskan niat, pikiran, serta langkah guna bergerak menuju Indonesia Maju.

“Dalam hening kita melihat dengan mata dan hati yang bening. ,” tulis Presiden Jokowi dalam unggahannya di akun resmi instagram @jokowi dipantau di Jakarta, Kamis.

Menurut Presiden, dalam suasana hening, seluruh pihak dapat menyelaraskan niat, pikiran dan langkah, untuk bergerak bersama menuju Indonesia yang dicita-citakan yakni Indonesia Maju.

"Kita selaraskan niat, pikiran, dan langkah menuju Indonesia yang kita cita-citakan bersama. Indonesia yang maju," ujar Presiden.

Sebelumnya, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengajak umat Hindu untuk terus memperkuat nilai-nilai moderasi beragama dalam momentum perayaan Hari Suci Nyepi Saka 1944.

"Perayaan Hari Suci Nyepi harus menjadi momentum bagi umat Hindu untuk menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa," ujar Wamenag.

Hari Suci Nyepi kali ini mengusung tema Aktualisasi Nilai Tat Twam Asi dalam Moderasi Beragama Menuju Indonesia Tangguh. Zainut juga mewakili Menteri Agama membuka acara Tawur Agung Kesanga di Plataran Candi Prambanan, Jawa Tengah, Rabu (2/3).

"Mari kita peringati Hari Suci Nyepi ini dengan semangat kesederhanaan, tidak berlebihan dan tetap mematuhi protokol kesehatan tanpa mengurangi makna dan kekhidmatan perayaan Nyepi," kata dia.

Ia juga mengajak umat Hindu agar tak hanya merayakan Nyepi di sisi ritualnya saja, tetapi merealisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

"Perayaan Hari Suci Nyepi jangan hanya berhenti pada tataran ritual saja, tapi kita jadikan Hari Suci Nyepi sebagai momentum merealisasikan maknanya untuk amal dalam beragama dan berbangsa," kata dia.

Baca juga: Aneka makanan yang mewarnai perayaan Nyepi

Baca juga: Laura Theux hingga Happy Salma rayakan Nyepi

Baca juga: Aneka makanan yang mewarnai perayaan Nyepi


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2022