Gunung Kidul (ANTARA)- Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul Suryoaji di Wonosari, Sabtu mengatakan, meski Pantai Baron mengalami abrasi yang parah dalam beberapa pekan ini, namun kawasan tersebut tetap aman dan layak dikunjungi wisatawan.

"Kawasan wisata Pantai Baron tetap layak dan aman dikunjungi sehingga kami tidak menutup pantai tersebut selama Lebaran," kata dia.

Menurut dia, berkurangnya luasan pantai atau pergeseran bibir pantai akibat abrasi hanya berpengaruh terhadap daya tampung pantai terhadap pengunjung.

"Bibir Pantai Baron hanya tergerus sekitar 30 persen dari kondisi semula sehingga tidak banyak berpengaruh," katanya.

Disbudpar, kata dia, hanya menyarakan para pengunjung pantai beralih ke pantai lain untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung di Pantai Baron selama Lebaran.

"Jika Pantai Baron penuh pengunjung, maka kami sudah melakukan langkah antisipasi untuk mengalihkan pengunjung ke pantai lain di kabupaten ini," katanya.

  Ia mengatakan terdapat beragam pantai yang memiliki keindahan panorama sebagai pilihan alternatif pengunjung, seperti Pantai Krakal, Kukup, Sundak, Ndrini dan Siung. (ANT/293) 

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011