Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia resmi mengontak pelatih klub Persija Jakarta, Rahmad Darmawan, menjadi pelatih tim nasional untuk jangka waktu dua tahun.

Penandatangan kontrak sebagai pelatih timnas dilakukan di Kantor PSSI Senayan Jakarta Sabtu di hadapan Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin.

"Kontrak telah resmi ditandatangani. Saat ini tinggal melaksanakan tugas harus diemban yaitu melatih timnas U-23 untuk SEA Games 2011," kata Djohar Arifin Husin.

Menurut dia, timnas U-23 dibawah asuhan Rahmad Darmawan telah diberi target besar yaitu harus mampu menjadi yang terbaik atau merebut medali emas pada event olahraga tertinggi di Asia Tenggara itu.

Selain untuk SEA Games 2011, kata dia, Rahmad Darmawan juga punya tugas selanjutnya yaitu untuk menyiapkan tim yang diproyeksikan turun pada SEA Games 2013.

"Jarak antara SEA Games 2011 dan 2013 tidak jauh. Jadi harus disiapkan secara berjenjang dan berkesinambungan," katanya menambahkan.

Selain Rahmad Darmawan, penandatangan kontrak juga dilakukan oleh asisten pelatih timnas Widodo Cahyono Putro dan Aji Santoso. Selain itu pelatih fisik Satriya Bagja dan pelatih kiper Edi Harto.

"Semuanya dikontrak selama dua tahun sama dengan Pak Rahmad," kata mantan Sekjen KONI Pusat itu.

Sementara itu, Rahmad Darmawan mengaku, dalam kontrak yang baru saja ditandatangani tidak ada klausul jika dirinya sebagai pelatih timnas U-23, namun sebagai pelatih timnas.

"Kami dikontrak dengan timnas. Jadi tidak hanya untuk timnas U-23. Bisa saja saya ditempatkan sebagai pelatih timnas senior atau timnas yang lain," katanya usai penandatanganan kontrak.

Menurut dia, saat ini pihaknya bersama jajaran pelatih yang baru saja menandatangani kontrak tinggal fokus pada persiapan tim yang akan turun pada SEA Games 2011, 11-22 November di Jakarta.

(B016/F005)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011