Merak (ANTARA News) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, menambah tiga kapal untuk atasi antrean kendaraan pribadi yang sampai di dalam tol Merak.

"Kami barusan menambah tiga kapal untuk mengatasi penumpukan kendaraan pribadi yang ada di dalam Tol Merak," kata Direktur Usaha Pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry, Prasetyo B Utomo, Sabtu dini hari.

Dia menjelaskan, tiga kapal bantuan yang ditambah untuk mengatasi kedatangan kendaraan pribadi yang datang secara besar-besaran.

Ketiga kapal yang ditambahkan dan sudah masuk lintasaan Merak - Bakauheni diantaranya, Ferindo 5, Rodhita dan Raja Enggano. "Harapan kami kedatangan kendaraan yang melebihi dari biasanya, dapat diseberangkan secepatnya," katanya menambahkan.

Saat ini katanya, antrean kendaraan pribadi yang didalam Tol Merak sudah mulai berkurang. "Sebelumnya ekor antrean mencapai KM 96, sekarang sudah di KM 96.500, atau berkurang setengah kilometer, atau hanya memanjang satu setengah kilometer," katanya menambahkan.

Dia meyakini, beberapa jam kemudian, antrean kendaraan pribadi akan terurai dan dapat diangkut dan seberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Nanti jam sembilan atau 10 : 00 WIB juga akan dapat diatasi. Dan ini adalah awal puncak arus mudik. Sebelumnya kami dalam satu hari berhasil menyeberangkan kendaraan 5.000 sekarang sudah lebih dari 8. 000 mobil," katanya. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011