Pamekasan (ANTARA News) - Penumpang bus jurusan Surabaya-Madura yang tiba di terminal Ceguk, Pamekasan, Jawa Timur pada H-4 Lebaran 2011 mulai meningkat.

"Tapi peningkatannya tidak terlalu banyak," kata petugas loket dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Samsuddin, Jumat malam.

Ia menjelaskan, jumlah penumpang bus yang tercatat turun di Pamekasan pada H-4 Lebaran kali ini sebanyak 1.904 penumpang dengan jumlah armada sebanyak 47 bus.

Jumlah penumpang dari Pamekasan menuju Surabaya lebih sedikit, yakni hanya 1.502 dengan jumlah armada yang sama.

Dibanding sebelumnya, menurut Samsudin, jumlah penumpang hari ini lebih banyak sebab ketika itu jumlah penumpang bus yang tiba di Pamekasan hanya 1.078 orang untuk jurusan Madura-Surabaya.

"Kalau penumpang yang dari arah Surabaya menuju Madura (Pamekasan) sebanyak 1.501 orang. Jadi peningkatannya tidak terlalu banyak," katanya menjelaskan.

Peningkatan jumlah penumpang bus pada mudik lebaran kali ini, sama dengan peningkatan penumpang pada mudik lebaran tahun lalu.

"Tahun lalu juga seperti itu," terang Samsudin.

Ia memperkirakan, peningkatan penumpang baru akan terjadi pada H-2 dan H-3 lebaran sebagaimana sudah biasa sejak beberapa tahun lalu.

Berdasarkan pantauan di lapangan, bus yang masuk ke terminal Pamekasan, baik yang dari arah Sumenep maupun dari arah Surabaya, justru banyak kosong.

Pada lebaran 1432 Hijriah kali ini, Dishubkominfo Pamekasan, menyiapkan sebanyak 835 armada angkutan Lebaran untuk semua jurusan.

Untuk jurusan Kota Pamekasan menuju Kamal (Bangkalan), angkutan yang tersedia sebanyak 297 armada, Pamekasan-Sampang sebanyak 66 armada, Pamekasan-Sumenep sebanyak 84 armada, dan Pamekasan- Kecamatan Sotabar sebanyak 118.

"Kalau bus yang beroperasi selama Lebaran 1432 Hijriah kali ini sebanyak 245 armada, bus AKAP sebanyak 15 armada, sedangkan bus patas sebanyak 10 armada bus," kata Kepala Dishubkominfo Pamekasan M Bahrun.

Sehingga, sambungnya, jumlah total kendaraan bermotor, baik bus ataupun MPU yang akan beroperasi di Pamekasan ini sebanyak 835 armada.  (ZIZ/Z002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011