Pamekasan (ANTARA News) - Lokasi khusus merokok yang dibangun Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, Madura, Jawa Timur selama musim arus mudik dan arus balik lebaran kali ini ditiadakan.

Kepala Dinkes Pamekasan Ismail Bey, Jumat malam menjelaskan, langkah itu dilakukan karena lokasi tempat khusus merokok (smoking area) itu ditempati pos pelayanan pemeriksaan kesehatan bagi para pemudik.

"Untuk sementara lokasi 'smoking area' itu kita tempati pos pelayanan pemeriksaan kesehatan," katanya.

Ia menjelaskan, disamping pos pelayanan kesehatan itu lebih penting, sejauh ini lokasi khusus merokok tidak pernah dimanfaatkan secara optimal, bahkan masyarakat masih merokok di luar area lokasi khusus merokok.

Sehingga, sambung Ismail Bey, pihaknya memilik lokasi smoking area tersebut untuk ditempati pos pelayanan pemeriksaan kesehatan.

"Jadi lebih baik ditiadakan dulu dan lokasinya kita isi dengan petugas medis yang melakukan pemeriksaan kesehatan bagi para sopir bus dan pemudik lebaran," kata Ismail Bey menjelaskan.

Menurut dia, layanan pemeriksaan kesehatan gratis kepada para sopir bus, mobil penumpang umum (MPU) dan para pemudik ini akan digelar hingga H+7 lebaran.

Ismail menambahkan, penyediaan pos pemeriksaan layanan kesehatan gratis kepada para sopir bus, MPU dan pemudik lebaran ini terselenggara atas kerja sama antara Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pemkab Pamekasan.

Salah satu tujuannya menurut dia untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas selama musim arus mudik dan arus balik lebaran.

"Sebab berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kecelakaan yang terjadi di lapangan kebanyakan karena faktor manusia. Seperti kondisi sopir yang kurang sehat atau karena kelelahan atau ngantuk," kata Ismail Bey menambahkan.  (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011