Merak (ANTARA News) - Ribuan kendaraan pribadi yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung tertahan di Tol Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten sejak pukul 21.00 WIB.

"Antrean dan penumpukan kendaraan pribadi di dalam Tol Merak sekarang ekornya sudah mencapai di KM 96," kata salah seorang petugas PT Marga Mandala Sakti (MM), Nasrudin, Jumat.

Dia menjelaskan, antrean didalam tol dikarenakan lonjakan kendaraan pribadi meningkat lima kali lipat. "Kondisi normal kedatangan kendaraan per menit 15 unit, sekarang sudah mencapai 75 unit per menit," katanya menambahkan.

Diyakini Nasrudin, antrean panjang akan bertambah, menginggat penarikan kendaraan didalam Pelabuhan Merak, tidak sesuai dengan kedatangan kendaraan.

"Sepertinya akan terus panjang, dan kendaraan yang datang tidak diarahkan ke Cilegon Barat, karena memang seluruh kendaraan yang datang bertujuan ke Pelabuhan Merak. Tapi kami hanya memberikan imbauan kepada pengendara," katanya.

Terpisah, Kepala Gerbang Wilayah IV PT MMS, Khaerul Falah, pintu gerbang Tol Merak yang ada seluruhnya difungsikan secara maksimal.

"Ada lima pintu Tol Merak, empat untuk keluar dan satu untuk masuk," katanya menjelaskan.

Sedangkan untuk mengatur antrean yang ada di Tol Merak, pihaknya berusaha semaksimal mungkin. "Kalau terjadi antrean di dalam tol, kami akan memaksimalkan pelayanan kepada pengguna jasa," ujarnya.

Pantauan di lapangan, antrean truk sampai mengular di dalam Tol Merak, karena keterbatasan kantong parkir kendaraan di Pelabuhan Merak. (ANT-152/B013/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011