Makassar (ANTARA News) - Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, melepas rombongan mudik Telkomsel sebanyak 600 pelanggan dari Makassar menuju Surabaya, Jawa Timur.

"Kami berharap dengan adanya mudik bareng Telkomsel ini para pelanggan bisa kembali ke kampung halamannya dengan tenang," kata Ilham di Pelabuhan Soekarno, Makassar, Rabu

Ia mengatakan, program mudik Telkomsel yang dilaksanakan ini sangat membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Dengan keterlibatan Telkomsel ini, Walikota Makassar berharap ada perusahaan lainnya yang turut serta berpartisipasi memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat, seperti menyiapkan tiket mudik gratis kepada masyarakat yang akan pulang ke kampung halamannya untuk berlebaran.

"Semakin banyak perusahaan yang memberikan bantuan pelayanan mudik kepada masyarakat semakin bagus karena sudah membantu pemerintah mengatasi masalah pelayanan ini," katanya.

Selain itu, Ilham juga meminta kepada seluruh pelanggan Telkomsel yang mendapat kesempatan mudik gratis agar tidak lagi membawa keluarganya setelah balik ke Makassar usai lebaran Idul Fitri 1432 Hijriyah.

"Pertumbuhan penduduk di Makassar sangat cepat dan itu bisa terlihat dengan padatnya kendaraan di setiap ruas jalan protokol yang disertai juga meningkatnya indeks peetumbuhan manusia dan ekonomi," ucapnya.

Diungkapkannya, jumlah penduduk di Makassar saat ini sudah mencapai angka 1,5 juta jiwa dengan luas wilayah hanya 175 kilometer persegi. Luas lahan di kota itu dinilainya sangat sempit dibandingkan dengan pertumbuhan penduduk yang diikuti dengan pertumbuhan sarana perumahan.

Dia meminta kepada seluruh pemudik agar tidak lagi membawa keluarganya untuk mencari nafkah di Makassar.

"Kalau hari ini yang mudik satu keluarga empat atau lima orang janganlah menambah jumlah itu menjadi dua kali lipat saat akan balik ke Makassar karena akan menambah permasalahan kependudukan," ungkapnya. (MH/A027/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011