Liwa, Lampung (ANTARA News) - Masyarakat Pesisir Lampung Barat berhamburan keluar rumah akibat gempa berkekuatan 6,2 skala Richter (SR), bahkan sebagian besar masyarakat menjauh dari pantai mengkhawatirkan kemungkinan tsunami.

"Guncangan gempa terasa sangat kuat, gempa tersebut mengakibatkan perabot rumah tangga saya terguling, sehingga saya segera menyelamatkan diri karena takut getaran gempa tersebut dapat merobohkan rumah saya," kata masyarakat Kecamatan Pesisir Tengah Lampung Barat, Mat Saifudin (38), di Krui, Selasa Pagi.

Dia menjelaskan, sebagian besar masyarakat keluar rumah dan lari di tanah lapang.

Menurut dia, getaran gempa sangat kuat membuat sebagian besar tiang listrik bergoyang kencang. "Getaran gempa kali ini sangat kuat di bandingkan beberapa hari lalu, bahkan getaran tersebut membuat atap rumah yang terbuat dari seng berbunyi keras, sehingga saat getaran terjadi menimbulkan suara sangat gaduh," kata dia lagi.

Dia mengakui, masyarakat yang berada di lokasi pantai berlari menjauh, yang di takutkan gempa tersebut dapat berpotensi tsunami.

Kemudian lanjut dia, masyarakat enggan kembali kerumah, karena di takutkan gempa susulan terjadi.

"Dalam sepekan terakhir Lampung Barat kerap di guncang gempa, dan kondisi ini jelas membuat masyarakat takut, dan yang kami sesalkan saat terjadi gempa, masyarakat tidak mendapatkan informasi yang jelas apakah gempa tersebut berpotensi tsunami atau tidak," kata dia lagi.

Sementara itu masyarakat Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balikbukit, Lampug Barat, Tarsim (37) mengatakan, getaran gempa mampu menggoyangkan lemari dan perabot berat lain.

"Gempa yang terjadi jelas membuat masyarakat panik, yang kami takutkan getaran tersebut dapat mengancam keselamatan, sebab dari beberapa gempa yang terjadi beberapa hari lalu tidak sekuat kali ini, sehingga mampu menggeser benda berat," kata dia.

Dia memaparkan, kondisi tanah di Kota Liwa sangat labil, sehingga saat terjadi gempa mampu merobohkan tempat tinggal.

Kemudian Tarsim menjelaskan, meskipun getaran gempa terjadi hanya beberapa detik, akan tetapi kekuatannya mampu menjatuhkan perabot rumah.

"Gempa menjadi momok paling menakutkan bagi kami, sebab gempa dasyat pernah terjadi di Lampung Barat dan menewaskan ratusan orang, sehingga saat gempa mengguncang daerah ini, jelas masyarakat segera menyelamatkan diri dan menuju tanah lapang, karena takut musibah besar itu akan terjadi kembali," kata Tarsim lagi.

Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan terjadi gempa berkekuatan 6,2 skala Richter (SR), Selasa pukul 03.12 WIB dengan pusat 140 kilometer Barat Daya Krui Lampung .

Gempa yang berlokasi di 6,45 Lintang Selata 103,91 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempa juga berada 154 Barat Daya Liwa-Lampung, 179 Kilometer Barat Laut Ujungkulon-Banten, 188 Barat daya Tanjung Karang-Lampung, 325 Kilometer Barat Daya Jakarta-Indonesia.

Hingga berita ini ditulis belum terdapat laporan kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa yang terjadi tersebut.

(ANT-049/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011