Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) mengapresiasi komunitas perempuan yang bekerja di internal perusahaan atau Pertiwi karena selalu inovatif dalam mendukung BUMN itu menuju perusahaan energi kelas dunia melalui berbagai karya inovatif.
 
Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan para Pertiwi itu telah menunjukkan peran mereka untuk mewujudkan aspirasi pemegang saham mencapai nilai pasar 100 miliar dolar AS dan Global Energy Champion pada 2024 mendatang.
 
"Mereka telah menunjukkan kontribusinya dalam mendukung keberlanjutan bisnis Pertamina dan energi masa depan, termasuk menyukseskan transisi energi menuju energi bersih yang ramah lingkungan," ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Jumat.
 
Pertiwi merupakan akronim dari Perempuan Pertamina Tangguh Inspiratif Wibawa Independen yang dibentuk dalam rangka menyiapkan kader pemimpin yang tangguh, inspiratif, wibawa, dan independen. Komunitas itu dibentuk pada 21 April 2021.
 
Tahun ini tercatat ada 73 program inovasi yang disampaikan oleh para pekerja Pertamina untuk mendukung perempuan di perusahaan, masyarakat serta global melalui Pertiwi Award 2022.
 
Gelaran itu melahirkan berbagai karya inovatif, di antaranya Pertiwi Sustainability Agent, Pertiwi Inovator, dan Pertiwi Go Global.

Baca juga: Dirut Pertamina: peran perempuan hanya bisa dibuktikan lewat kerja nyata
 
Pertiwi Awards merupakan apresiasi perusahaan yang langsung dibuka oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati untuk pekerja Pertamina yang bertujuan untuk mendorong terciptanya inovasi dan karya nyata yang mendukung keberlanjutan bisnis perseroan dan energi masa depan, sehingga dapat berkontribusi kepada negara dan dunia.
 
Pertiwi Award tidak hanya diikuti oleh karyawan perempuan atau Pertiwi saja tetapi juga oleh karyawan laki-laki untuk mendukung pemberdayaan perempuan. Dengan kata lain, Perwira Pertamina menjadi bagian penting dalam mendukung women empowerment," jelas Fajriyah.
 
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para pemenang Pertiwi Awards.
 
Menurutnya, ajang itu dapat menjadi pendorong kemunculan berbagai karya inovatif tentang pengelolaan energi yang berkelanjutan dari para pekerja Pertamina sejalan dengan implementasi konsep tata kelola lingkungan, sosial, dan perusahaan (ESG).
 
"Melalui Pertiwi Awards ini, saya berharap semakin banyak Perwira yang menunjukkan eksistensinya, membuat program inovasi, dan menjadi inspirasi serta mencari solusi untuk bergerak bersama demi mencapai perusahaan yang berkelanjutan dan tumbuh, termasuk melaksanakan strategi transisi energi di Pertamina," kata Nicke.

Baca juga: Dirut Pertamina raih peringkat 17 perempuan paling berpengaruh dunia

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022