Surabaya (ANTARA News) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya menyiagakan pos komando (posko) 24 jam bagi pemudik Lebaran di beberapa titik, khususnya terminal dan pelabuhan.

"Ada empat posko yang kami dirikan di empat titik. Nantinya akan buka setiap hari dan dikhususkan bagi pemudik yang ingin mengecek kesehatan atau hanya sekedar beristirahat," ujar hubungan masyarakat (Humas) PMI Surabaya, Agung Tri Jutanto, kepada wartawan, Minggu.

Keempat posko masing-masing didirikan di dekat pintu masuk Jembatan Suramadu sisi Surabaya, Pelabuhan Tanjung Perak, Terminal Tambak Osowilangun, dan Terminal Purabaya-Bungurasih.

Dijelaskan Agung, didirikannya posko siaga Lebaran digelar rutin setiap tahun. Kali ini, posko akan dibuka selama 16 hari atau sejak H-7 Lebaran yakni 23 Agustus 2011 hingga 7 September 2011.

Nantinya, kata lanjut dia, setiap posko akan diisi oleh enam tenaga dari PMI serta dibantu seorang dokter atau tenaga medis.

"Petugasnya dibagi menjadi tiga shift dan berjaga selama delapan jam. Mereka dibantu dokter dan petugas kesehatan dari beberapa instansi lain," tukas Agung.

Pihaknya menambahkan, pendirian posko di empat titik diharapkan bisa membantu pemudik yang akan pulang ke kampung halaman hingga musim arus balik usai Lebaran.

Tidak hanya itu saja, di posko juga akan dilengkapi fasilitas untuk donor darah bagi pemudik yang kemungkinan ingin menyumbangkan darahnya.

"Kami persilahkan donor darah di dalam posko. Kami akan menyiapkan semua fasilitas dan kenyamanan," kata Agung.

"Bahkan siapa saja yang ingin donor dan butuh darah ketika Lebaran, kami juga tetap buka, khususnya di Kantor PMI Surabaya, Jalan Embong Ploso," katanya.
(T.ANT-165)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011