Pernyataan Israel positif di permukaan, tapi tidak sesuai dengan besarnya kejadian dan keadaan marah Mesir terhadap tindakan Israel,"
Kairo (ANTARA News) - Seorang demonstran Mesir  menurunkan bendera Israel dari kedutaannya di Kairo pada Ahad. Peristiwa itu terjadi saat ribuan orang memprotes kematian lima polisi perbatasan.

Salah satu pengunjuk rasa berhasil mencapai bendera itu yang dikibarkan di atap dan menyingkirkannya, kata para demonstran yang dikutip AFP.

Hal itu terjadi setelah pengunjuk rasa menembakkan ratusan kembang api dengan harapan bisa membakar bendera negara Yahudi itu.

Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak pada Sabtu mengatakan Israel menyampaikan penyesalan atas kematian personil polisi Mesir yang tewas di perbatasan dalam pengejaran sejumlah pria bersenjata oleh Israel.

"Israel menyesal atas kematian personil polisi Mesir dalam serangan-serangan di perbatasan Mesir-Israel," kata Barak mengenai serangan oleh pria-pria bersenjata pada Kamis di kawasan Eilat, Israel.

Menteri pertahanan itu mengatakan ia memerintahkan Angkatan Darat Israel untuk mengadakan penyelidikan.

Kabinet Mesir  mengatakan bahwa pernyataan penyesalan Israel atas kematian lima polisi perbatasannya tidak cukup, tetapi berhenti sesaat mengeja apakah pihaknya akan menarik duta besarnya dari Tel Aviv.

"Pernyataan Israel positif di permukaan, tapi tidak sesuai dengan besarnya kejadian dan keadaan marah Mesir terhadap tindakan Israel," kata kantor berita resmi MENA mengutip pernyataan kabinet.
(H-AK)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011