Jakarta (ANTARA) - China akan memfasilitasi transisi hijau dalam sektor konstruksi perkotaan dan perdesaan di tengah upaya negara itu untuk mencapai target netralitas karbon dan puncak karbon, kata otoritas perumahan China dalam konferensi pers pada Kamis (24/2).

Sejumlah upaya akan dilakukan untuk meningkatkan struktur dan persebaran daerah perkotaan, kata Wakil Menteri Perumahan dan Pembangunan Perkotaan-Perdesaan China Zhang Xiaohong, menambahkan bahwa pembatasan ketat akan diberlakukan pada pembangunan gedung-gedung pencakar langit baru.

Kementerian tersebut akan mendorong renovasi hijau pada bangunan yang sudah ada guna meningkatkan efisiensi energi, dan mengoptimalkan struktur energi untuk konstruksi perkotaan yang ramah lingkungan dan rendah karbon, papar Zhao.

China akan meningkatkan jumlah desa rendah karbon dengan mendorong penggunaan energi terbarukan dan mengoptimalkan pengolahan limbah perdesaan, katanya.

Sistem pemantauan statistik dan sistem evaluasi untuk konstruksi perkotaan dan perdesaan juga akan dibangun untuk memantau emisi karbon dinamis dan mengevaluasi transformasi hijau sektor konstruksi, imbuhnya.

China mengeluarkan sebuah pedoman pada Oktober tahun lalu yang mendukung pembangunan hijau di daerah perkotaan dan perdesaan, dengan tujuan mewujudkan kemajuan substansial dalam transformasi hijau sektor konstruksi dan dengan solid mendorong pengurangan karbon pada 2025. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022