Datang ke NTT dan lihat komodo. Hidup anda akan menjadi lebih lengkap kalau sudah melihat komodo...
Kupang (ANTARA News) - Satu-satunya kadal purba yang masih tersisa di dunia, komodo (Varanus komodiensis) dicoret dari daftar terbaru Tujuh Keajaiban Baru Alam. Sepintas itu mengecewakan, namun bisa juga dilihat sebaliknya, malah mengundang rasa penasaran dunia.

Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, mengatakan, masyarakat di seluruh penjuru dunia akan bertanya-tanya tentang komodo dan itu akan mendorong mereka untuk datang dan melihat dari dekat binatang langkah itu di Pulau Flores, NTT.

"Keputusan Indonesia untuk menarik mundur komodo sebagai salah satu finalis dalam ajang pemilihan tujuh keajaiban alam baru atau New Seven Wonders of Nature adalah sangat positif karena akan menimbulkan tanda tanya," kata Lebu Raya, di Kupang, Selasa.

Indonesia akhirnya memutuskan menarik mundur komodo dalam perebutan Tujuh Keajaiban Baru Alam.

Menurut Lebu Raya, pemerintah dan rakyat Nusa Tenggara Timur justeru senang jika komodo dicoret dari peserta oleh lembaga penyelenggara karena justeru akan menimbulkan berbagai pertanyaan oleh masyarakat dunia.

"Saya katakan bahwa, kalau komodo dicoret lebih baik. Kalau coret orang-orang akan bertanya-tanya dan itu membuat mereka tentu akan lebih banyak datang ke NTT untuk melihat dari dekat biawak raksasa itu," katanya.

Lebih optimistis lagi, dia berkata, "Datang ke NTT dan lihat komodo. Hidup anda akan menjadi lebih lengkap kalau sudah melihat komodo."

Komodo telah sejak dulu berhabitat di pulau-pulau di ujung timur Pulau Flores. Ada kawasan konservasi khusus untuk dia, dinamakan Taman Nasional Komodo yang berlokasi di Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Labuan Bajo di Pulau Flores. (B017)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011