Palembang (ANTARA News) - Ribuan pelajar di Sumatera Selatan akan dikerahkan untuk mengikuti pembukaan dan penutupan SEA Games ke-26 pada 11-22 November 2011 agar pesta olahraga se-Asia Tenggara tersebut semakin meriah.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sumsel, Ade Karyana di Palembang, Selasa mengatakan, pihaknya akan mengerahkan pelajar yang ada di daerah ini untuk menyaksikan serta berpartisipasi pada pesta olahraga akbar mendatang.

Selain pembukaan dan penutupan, kata dia, para pelajar itu nantinya juga akan menjadi pendukung saat tim Indonesia bertanding pada pesta olahraga internasional tersebut.

Menurut dia, diikutsertakannya pelajar pada SEA Games itu karena pesta olahraga dua tahunan itu diharapkan dapat menjadi bahan pelajaran bagi mereka dalam menngembangkan ilmu pengetahuan.

SEA Games sulit terulang kembali di Indonesia sehingga kegiatan itu perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya khusunya bagi para pelajar, ujar dia pula.

Sehubungan itu pihaknya telah melakukan koordinasi dengan kepala sekolah SMP dan SMU yang ada di daerah itu untuk mengikutsertakan pelajar pada pesta olahraga internasional mendatang, kata dia.

Lebih lanjut dia mengtatakan, setiap sekolah nantinya akan diambil puluhan pelajar dan mereka akan menyaksikan serta berpartisipasi pada pesta olahraga pertama dilaksanakan di luar Pulau Jawa itu.

Sebagaimana Sumsel bersama DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah SEA Games yang akan diikuti sebelas negara termasuk tuan rumah Indonesia.

Sementara Sumsel sendiri bukan saja menjadi pelaksanaan pertandingan tetapi juga dipercaya sebagai tempat pembukaan dan penutupan pesta olahraga akbar tersebut, kata dia.

Oleh karena itu pesta olahraga tersebut harus disukseskan bersama termasuk mengikutsertakan pelajar dalam kegiatan tersebut, tambah dia. (U005/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011