Kecepatannya memang sedang, namun cara bawa kendaraannya kurang nyaman.
Banyumas (ANTARA News) - Sebuah bus PO Aries jurusan Tegal-Purwokerto terguling di ruas Jalan Raya Cilongok, Desa Pageraji, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu, sekitar pukul 19.00 WIB, dan menewaskan kondektur serta seorang penumpang.

Informasi yang dihimpun, bus berpelat nomor R-1529-EA yang dikemudikan Rauf dan mengangkut sekitar 20 orang penumpang ini melaju dengan kecepatan sedang dari arah Ajibarang menuju Purwokerto.

"Kecepatannya memang sedang, namun cara bawa kendaraannya kurang nyaman," kata Suyoto (41), warga Kelurahan Grendeng, Kecamatan Purwokerto Timur, yang menumpang bus ini dari Ajibarang.

Ketika memasuki wilayah Pageraji, kata dia, sopir menghentikan laju kendaraan secara mendadak lantaran ada seorang calon penumpang yang menyetop bus ini.

Menurut dia, ulah sopir yang mengerem bus secara mendadak ini mengejutkan seluruh penumpang.

"Apalagi bus sempat mengarah ke kanan hingga akhirnya berhenti setelah terguling ke kiri," kata dia yang mengalami luka ringan di kakinya.

Akibat kecelakaan tersebut, kondektur bus Suparyono, warga Paguyangan, Kabupaten Brebes, dan seorang penumpang Makmun Hambali, warga Desa Sunyalangu, Kecamatan Karanglewas, Banyumas, tewas di lokasi kejadian.

Kedua korban meninggal yang mengalami luka parah di kepala dan sekujur tubuh ini segera dibawa ke Puskesmas Cilongok.

Sementara itu, sebagian penumpang yang mengalami luka ringan maupun berat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Ajibarang, Banyumas, sedangkan penumpang lainnya yang mengalami luka ringan dijemput keluarganya di lokasi kejadian.

Saat dilakukan evakuasi terhadap para penumpang, sopir bus Rauf tidak diketahui keberadaannya.

Evakuasi terhadap penumpang yang dilakukan petugas dari Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Banyumas dan dibantu warga tersebut sedikit mengalami kesulitan lantaran bus terguling ke kiri sehingga menutup pintu.

Peristiwa kecelakaan tersebut tidak mengganggu arus lalu lintas di ruas jalan utama yang menghubungkan Purwokerto dan Tegal.

Kendati demikian, bus yang terguling tersebut merusak teras warung milik Yono, warga Desa Pageraji.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011